Breaking News

Pemprov NTB Pastikan Moda Angkutan Mudik Layak Operasi

Mataram  | Postkotantb.com - Untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah tahun ini, khususnya angkutan penumpang angkutan darat, laut dan udara dari NTB dinyatakan siap dan layak operasi.  Transportasi darat, khususnya bus antar pulau dari terminal Mandalika Mataram dinyatakan layak operasi. Termasuk sisi kebersihan dan kenyamanan terminal sudah cukup baik. Demikian juga aktivitas dipelabuhan penyeberangan Lembar masih berjalan lancar, belum terjadi antrean berlebihan meskipun telah terjadi peningkatan arus penyebarangan.  Sedangkan arus penerbangan di Lombok Internasional Air Port (LIA)  telah terjadi peningkatan arus penumpang sebesar 15% dibandingkan hari-hari sebelumnya, sehingga telah dilakukan antisipasi melalui extra flight.

Kesiapan moda transportasi mudik tersebut, dipastikan dari hasil inspeksi mendadak (Sidak) Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, bersama seluruh anggota Forkopimda Provinsi NTB mengunjungi tiga sentra lokasi arus transportasi darat, laut dan udara,  Selasa (21/06/2017). Tiga lokasi tersebut meliputi, Terminal Bus Mandalika, Pelabuhan Lembar dan Bandara Internasional Lombok. Dari sidak di tiga lokasi tersebut TGB menilai aspek kenayamanan, keamanan dan Standard Operational Procedure (SOP) kendaraan angkutan lebaran tahun ini dianggap layak. 

“Transportasi, baik darat, udara maupun laut, itu tidak hanya menyangkut alat transportasi, tapi juga SOP yang mengatur, baik pergerakan orang, kemudian SOP keamanannya. SOP itu penting kalau ada masalah,” terang Gubernur.

Mengawali Sidak, TGB berkunjung ke Terminal Mandalika, ditemani sejumlah kepala SKPD terkait dan awak media, TGB langsung menuju lokasi informasi, dilanjutkan ke Pos Layanan Kesehatan Gratis. Setelah itu, TGB beranjak menuju sejumlah bus untuk memeriksa kalayakan bis tersebut. 

“Dari segi kenyamanan ada peningkatan, fasilitas publik terlihat bersih,” Nilai Gubernur untuk Terminal Mandalika. Hanya saja, perlu disediakan taman bermain untuk anak-anak yang ikut orang tuanya bepergian. Mengingat perjalanan jauh, fasilitas ini perlu bagi anak-anak untuk sekedar bermain sambil menunggu waktu keberangkatan.  Dari segi keamanan, TGB menilai semua alat transportasi yang disidak, kecuali pesawat, dalam kondisi layak untuk digunakan. Fasilitas keselamatan dinilai lengkap dan cukup sesuai kebutuhan. 

Dari Terminal Mandalika, Gubernur melanjutkan sidak ke Palabuhan Penyeberangan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Kembali, orang nomor satu di NTB itu memeriksa sejumlah fasilitas yang tersedia di Kapal pengangkut penumpang dan barang, seperti baju pelampung, skoci dan beberapa fasilitas keamanan lainnya. 

Dari Pelabuhan yang menghubungkan Lombok dengan Bali tersebut, TGB kemudian bergerak menuju Bandara Internasional Lombok (BIL). Saat itu, gubernur menyisir sejumlah tempat strategis yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat atau penumpang, seperti pos pelayanan terpadu  dan loket cek in tiket. Di loket layanan tiket, Gubernur sempat berbincang-bincang dengan wisatawan luar negeri. Gubernur Ahli Tafsir itu terlihat akrab berbincang dengan turist itu terkait kesan mereka selama berada di Lombok. Mereka menyampaikan ke Gubernur bahwa masyarakat NTB, khususnya Lombok memiliki sifat yang ramah dan senang membantu. Terkait keamanan, mereka menilai selama berada di daerah yang dikenal Bumi Seribu Masjid itu, tidak ada gangguan keamanan. Bahkan mereka menilai, Lombok lebih aman dibanding daerah lain yang mereka kunjungi.

Gubernur menilai secara umum fasilitas transportasi yang digunakan masyarakat untuk mudik lebaran tahun ini dianggap layak dan aman. Hanya saja ada beberapa catatan yang perlu menjadi catatan, seperti memastikan kendaraan itu dicek detail, seperti rem, lampu, toilet dan fasilitas lain. Tidak hanya itu, Gubernur meminta agar dokumen berkendaraan para sopir dipastikan lengkap, seperti SIM, STNK dan dokumen lain yang diperlukan. 

“Kita harapkan kalau aspek kenyamanan, kemanan dan SOP itu bisa terlaksana dan terintegrasi, mudah-mudahan nyamanlah mudiknya,” harap Gubernur usai sidak.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close