Breaking News

Bupati Lepas Ribuan Peserta Gowes Pesona Nusantara di Lobar

Lombok Barat (postkotantb.com ) - Bupati Lombok Barat (Lobar) H Fauzan Khalid melepas Ribuan peserta gelaran Gowes Pesona Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Sabtu (8/7/2017)

Nampak Bupati Lobar H. Fauzan Khalid didampingi Ketua DPRD, Kapolres, Danlanud, Danlanal, Sekda dan sejumlah pejabat serta Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora. Dengan tagline “Ayo Olahraga”, Presiden Joko Widodo melalui Kemenpora ingin meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia untuk sehat, bugar dan berkarakter melalui olahraga.

Di tengah cuaca yang kurang bersahabat, kesiapan hajatan Kemepora ini sudah dipersiapkan jauh hari oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Lobar. Walaupun pada akhirnya faktor cuaca membuat jumlah peserta yang semula ditargetkan sekitar 3.500 peserta menjadi berkurang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Barat, H. Ilham melaporkan, sekitar 2.000 peserta terdaftar mengikuti gelaran ini. Mulai dari komunitas sepeda kumbang, BMX dan komunitas sepeda lainnya yang ada di Lombok Barat.

“Terima kasih Pak Menteri sudah percayakan Kabupaten Lombok Barat sebagai salah satu etape Gowes Pesona Nusantara,” ungkap Ilham.

Bupati H. Fauzan Khalid sangat mengapresiasi program Pemerintah Pusat ini. Pada momen istimewa itu, bupati yang gemar berolahraga ini mengajak masyarakat untuk aktif berolahraga.

“Selain kesehatan, dalam olahraga juga ada silaturahim.Dalam olahraga ada kegembiraaan, ada kebanggaan, ada akitifitas yang bisa memotifasi kita untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa, negara dan daerah,” ungkapnya.

Kabupaten Lombok Barat menjadi kota ke 20 pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara ini. Dalam Etape Patut Pajtuh Patju ini, peserta harus melalui jarak sekitar 15 km. Rute dimulai darilapangan Kantor Bupati Lombok Barat kemudian terus melaju ke simpang lima menuju Bundaran Giri Menang Square, lalu melewati Kediri,Sedayu, Babussalam dan berakhir di Kantor Bupati.

Usai finish, peserta mengikuti undian doorprize yang telah disiapkan oleh panitia. Kompor gas, Kulkas, Sepeda Gunung hingga Sepeda Motor disiapkan panitia sebagai hadiahnya.

Panitia sebenarnya sudah menyiapkan tumpeng dan hidangan untuk Menpora Imam Nahrawi yang berulang tahun hari ini. Disayangkan, Menpora berhalangan hadir karena ada urusan mendesak.

Sebelumnya, acara diawali dengan senam massal yang diikuti oleh seluruh peserta. Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi penyerahan “tanah air” oleh Pemkab Lombok Barat kepada Kemenpora. Tanah dan air yang dikumpulkan di 90 kabupaten/kota sebagai venue Gowes Nusantara itu nantinya akan dikumpulkan di Candi Borobudur.

Tidak seperti tour balap sepeda yang sudah ada, Gowes Pesona Nusantara ini memiliki track yang terus menyambung dari satu daerah ke daerah lainnya yang serentak dimulai serentak empat titik terluas Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Tarakan, dan Atambua, kemudian berakhir di Magelang, Jawa Tengah pada perayaan puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017 mendatang. Peserta dari 90 kabupaten/kota akan mengikuti gelaran besar ini dengan tujuan untuk memperkenalkan wisata, kuliner, seni dan budaya daerah-daerah di Indonesia. (dd)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close