Breaking News

HANI 2017,Bupati Lobar Menerima Anugerah Penghargaan

Lombok Barat (postkotantb.com) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Pemkab Lobar) melalui Bupati H. Fauzan Khalid diberikan penghargaan atas komitmen memerangi narkoba oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat (BNN PROV. NTB). Hal tersebut diberikan bersamaan dengan puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2017 yang diselenggarakan di Lapangan Bumi Gora Taman Udayana Mataram, minggu kemarin (16/7).

Untuk diketahui, kejahatan narkotika sudah menjadi kejahatan yang luar biasa. Bersifat lintas negara dan telah berkembang dengan modus operandi yang semakin maju. Menurut data UNODC (United Nations Office on Drugs and Crime ) yaitu Kantor PBB yang mengurusi Narkoba, ada 644 zat baru yang bersifat psikoaktif yang telah ditemukan dan dipersalahgunakan. Hal itu sangat berbeda dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 tahun 2016 tentang perubahan penggolongan narkotika yang hanya mengatur 43 jenis saja.

Hal itu mestinya menjadi perhatian dan upaya antisipasi yang lebih baik lagi untuk mengatasi gempuran zat-zat psikoaktif tersebut.


“Perlu dilaksanakan upaya pecegahan yang dilakukan secara massif, berkesinambungan dan bersinergi di setiap lingkungan tempat tinggal,” jelas Wakil Gubernur (Wagub) NTB, H. Moh. Amin saat membacakan sambutan Menkopolhukam.  Peringatan HANI 2017 juga dihadiri Kepala BNN NTB Sukisto, Sekda Lombok Barat H. Moh. Taufiq, Anggota FKPD NTB,  Ketua Organisasi Wanita se-NTB, Kepala BNNP NTB,  Kepala BI, masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Wagub juga meminta komitmen seluruh komponen untuk perduli dan bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba. Menurutnya, dengan adanya rute penerbangan internasional di NTB menjadikan wilayah NTB menjadi daerah yang terbuka sehingga kewaspadaan harus lebih ditingkatkan.

Peringatan HANI 2017 juga ditandai dengan pengguntingan balon, penyerahan penghargaan dan penyematan Pin Unit Relawan Penggiat Anti Narkoba.

Penghargaan diberikan kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang telah berpartisipasi dalam berbagai upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sekda H. Moh. Taufiq mewakili Pemerintah Kabupaten Lombok Barat karena dinilai sangat aktif dalam menanggulangi bahaya narkoba.(Aan/Hms)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close