Breaking News

Koperasi Syariah dan Petani Teladan Desa Gapuk Masuk Nominasi Lima Besar Nasional

Lombok Barat (postkotantb.com) – Koperasi Tani Syariah Harapan Bersama  serta Petani Teladan Desa Gapuk Kecamatan Gerung masuk nominasi lima sesar tingkat nasional dalam kategori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) dan Petani Berprestasi. Sebagai proses lanjutan, pagi tadi (26/7) perwakilan Kabupaten Lombok Barat itu dinilai oleh pihak Kementerian Pertanian yang berlangsung di Kantor Koperasi Tani Syariah Harapan Bersama, Koperasi Syariah Harapan Bersama dan Petani Teladan melaju ke tingkat nasional  setelah sebelumnya berhasil menyisihkan pesaing dari seluruh kabupaten/ kota se-Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Tidak ada persiapan khusus yang kami lakukan. Pelayanan berjalan seperti biasa. Kami lebih mengutamakan kualitas dari pada kuantitas anggota kelompok," terang Sudirman, ketua kelompok tani.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, Rani Mutiara mengaku banggan dengan capaian wakil NTB itu. "Dari lima kategori yang dilombakan oleh Kementerian Pertanian, NTB masuk dalam dua kategori. Kelompok Tani Syariah Harapan Bersama dan Petani Teladan atas nama Mursidin yang mewakili. Keduanya berasal dari Lombok Barat. Ini patut diapresiasi," tegas Rani.

Juara dari Lima Kategori ini nantinya akan  diundang langsung  ke Istana Negara dan akan diberikan penghargaan langsung oleh Presiden Jokowi di acara 17 Agustus mendatang.

"Peluang juara untuk NTB sangat terbuka. Kami berharap keberhasilan yang sudah diraih sekarang bisa menjadi virus yang akan menyebar di setiap kecamatan dan desa  lainnya," harapnya.

Asisten I Setda Lombok Barat, H. Halawi yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat senantiasa mendukung upaya pengembangan koperasi tani dan petani yang ada di Lombok Barat. “Selain pembinaan oleh dinas terkait, dukungan juga kita berikan dalam bentuk pemberian reward seperti yang diberikan pada Acara HUT Lombok Barat kemarin. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi penyuluh dan petani yang ada di Lombok Barat,” jelasnya.

Koperasi Syariah Harapan Bersama hingga saat ini memiliki anggota sebanyak tiga puluh orang. Koperasi yang telah terbentuk sejak 2014 lalu ini mengalami kemajuan yang cukup baik. Dari modal awal sebesar Rp. 62.163.000,- kini telah bertambah menjadi sekitar  Rp 117 juta. Adapun produk yang dikembangkan dalam koperasi antara lain, pembiayaan bagi hasil, jual beli dan saprodi (pupuk benih). (rd/hms)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close