Breaking News

Pantai Tanjung Menangis-Pringgabaya Diserbu Pengunjung, Perlu Sentuhan Pemerintah


Lombok Timur (postkotantb.coom) - Potensi Pariwisata di Lombok Timur, seakan tidak ada habisnya. Keindahan gili, pantai dan air terjun menjadi incaran. Tak heran, wisatawan lokal dan mancanegara berburu lokasi menarik  di Daerah ini. Salah satunya Pantai Tanjung Menangis yang berada Dusun Ketapang Desa Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.

Pagi itu, ombak terlihat tenang, semilir angin sepoi semakin memanjakan pengunjung. Permukaan Pantai yang  berwarna orange  oleh pantulan matahari terbit (sunrise) atau Jelo tioq dalam bahasa sasak semakin menambah eksotik. Pasir berwarna hitam, menjadi ciri khas pantai di Lombok timur bagian utara. Deretan bukit dan gunung seolah menjadi penyangga indahnya pantai Tanjung Menangis di Utara Kabupaten Lombok Timur ini. 

Dengan potensi wisata menakjubkan, Pantai Tanjung Menangis tumbuh sebagai destinasi wisata yang diincar para pelancong. Ini bisa jadi rekomendasi wisatawan lokal untuk berliburan. Jarak tempuh dari Mataram menuju Pantai Tanjung Menangis Desa Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya, membutuhkan waktu sekitar satu setengah  jam. Jalan menuju lokasi tersebut relatif mudah. Akses jalan sudah bagus, meskipun kurang lebar dan hanya tiga kilo meter dari pusat Desa Pringgabaya.

Keindahan alam dengan view bukit Kayangan (sebelah utara), Gunung Rinjani (sebelah barat), dan Gunung Mantar-Kabupaten Sumbawa Barat (sebelah timur), bentangan perairan Selat Alas memberikan kesan tersendiri. Pengunjung bisa menikmati sunrise dan sunset dari bibir pantai.

Pantai Tanjung Menangis merupakan pantai yang landai, berpasir hitam dengan Zat Ion tinggi dapat mengobati penyakit Rematik, strouk, pegal/ngilu. Air laut yang jernih serta terumbu karang tumbuh dengan berbagai varian warna. Kejernihan air Pantai Tanjung Menangis, membuat para wisatawan tak rela jika tidak berendam. Menikmati sensasi kehangatan dengan view matahari terbit.  

Dan pada pasca lebaran tahun ini, Pantai Tanjung Menangis diserbu pengunjung lokal dan bahkan wisatawan mancanegara pun hadir untuk menikmati hidangan alam yang ada. Anita, wisatawan asal Kota Mataram mengaku baru pertama kali berkunjung ke Pantai Tanjung Menangis. Keindahan alam dan pasir hitamnya tak jauh berbeda dengan pantai – pantai lainnya yang ada di Pulau Lombok. Namun sunrise dan sunset terlihat jelas dengan warna orange tersirat di atas permukaan laut. “Saya pertama kali kemari. Ternyata tempat ini bagus, bersih dan tidak jauh beda dengan pantai lainnya.

Anita yang berkunjung bersama keluarganya ini menilai, potensi pariwisata di Desa ini harus digarap maksimal oleh pemerintah. Penataan infrastruktur serta fasilitas lainnya harus dilengkapi. Tak kalah penting, persoalan keamanan dan kenyamanan wisatawan harus dikedepankan. Sebab, keteduhan Pantai Tanjung Menangis akan jadi incaran para wisatawanengunjungnya pun sangat ramai,” ungkapnya ditemui, Minggu (09/7).

Namun sayangnya, Pantai Tanjung Menangis ini belum dikelola dengan baik oleh Pemerintah, khususnya Pemerintah Desa Pringgabaya. Sejumlah wargapun menyayangkan kurang responsifnya perangkat desa dalam mengembangkan kawasan wisata ini. Mereka berharap pemerintah desa bisa lebih aktif dalam mengembangkan kawasan wisata yang menjanjikan tersebut.

Sejumlah fasilitas umum di kawasan wisata seperti toilet umum yang di lengkapi dengan ruang ganti dibangun secara swadaya oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang juga pengelola Pantai ini. Pembangunan fasilitas umumpun berasal dari  dana hasil Parkir. Kini fasilitas tersebut di renovasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok timur, dan fasilitas lainnya juga berasal dari DAK Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok timur. (D’Yudha)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close