Breaking News

Tim Nawacita Tertarik Kembangkan Industri Tebu

Mataram (postkotantb.com) - Potensi perkebunan tebu di NTB menarik minat Tim Nawacita Indonesia. Mereka berencana akan mengembangkan industri tebu yang ada di NTB. Saat ini Tim yang di bentuk oleh Presiden Joko Widodo tersebut sedang menjajaki peluang untuk mengembangkan pembangunan industri tebu di Wilayah Provinsi NTB.  

Ketua Tim Nawa Cita Indonesia, Dr. RM. Suryo Atmanto  saat menemui  Gubernur NTB, Dr. TGH. M.Zainul Majdi  di Pendopo Gubernur NTB di Mataram, Jum'at  sore (21/7) mengatakan rencana pengembangan industri tebu tersebut, sejalan dengan program Nawacita yang diluncurkan Presiden RI  Joko Widodo yang mengedepankan kebhinekaan serta membangun infrastruktur di seluruh negeri termasuk di NTB dalam rangka meningkatkan soko ekonomi masyarakat.

Kedatangan Tim Nawacita untuk melaporkan program Nawacita yang akan dikembangkan di Wilayah NTB, salah satunya adalah pembangunan industri tebu. Menurutnya, NTB memiliki potensi yang besar untuk industri tebu karena tersedia lahan dan juga iklim yang cocok.

Gubernur TGB menegaskan pihaknya memiliki komitmen yang sama dengan  cita – cita Presiden RI, Joko Widodo yakni merawat kebhinekaan, memperkokoh persatuan dan kesatuan serta mewujudkan pembangunan berkelanjutan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat secara adil dan berkemakmuran.


 “Kami di NTB juga memiliki skala prioritas yang  sama dengan cita-cita Presiden Jokowi dalam skala nasional. Tugas kita semua di daerah adalah mewujudkan cita-cita nasional tersebut", ujar TGB.

Terkait dengan pembangunan industri tebu, Gubernur menyambut antusias rencana tersebut.  Menurut TGB, dengan tumbuhnya berbagai industri di NTB, hal itu bukan saja akan menjadi suntikan energi baru bagi peningkatan perekonomian masyarakat, tetapi juga akan mendorong terbangunnya kultur untuk berkompetisi secara sehat, ucap Gubernur.


Karenanya, untuk mewujudkan rencana industri tebu tersebut, Gubernur TGB menyarankan kepada Tim Nawa cita agar segera mengambil langkah awal untuk menginventarisir lahan dan potensi yang tersedia. Menyangkut perizinan, ia menjamin bahwa Pemerintah Provinsi NTB akan memberikan kemudahan sesuai aturan yang berlaku. "Kami punya unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Dinas Penanaman Modal Daerah dan Perijinan Satu Pintu, yang akan melancarkan berbagai proses perizinan yang harus dilewati nantinya.


Di samping itu, Gubernur juga menitipkan pesan kepada Pemerintah Pusat melalui Nawacita untuk mempertimbangkan kembali terkait kebijakan penetapan PPN 10% terhadap gula tebu oleh Dirjen Pajak. Hal ini tentu akan menjadi beban yang cukup berat bagi petani, ungkapnya.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close