Breaking News

Gubernur: Jangan Berbalas Pantun, Jawab Kritik Dengan Tingkatkan Kinerja


Mataram (postkotantb.com)-Derasnya kritikan terhadap kinerja Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat di tanggapi serius Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi. Gubernur meminta seluruh pejabat yang ada di lingkup Pemerintah Provinsi NTB untuk terus meningkatkan kinerja. Terlebih lagi dalam menanggapi kritik dari masyarakat. Setiap kritik dari masyarakat, kata Gubernur agar diterima dengan baik dan direspon dengan menunjukkan  kinerja yang lebih baik. Jikapun kritik itu perlu dijawab, maka jawablah dengan cara-cara yang mencerdaskan.

Pernyataan tersebut TGB sapaan akrab gubernur NTB saat memimpin rapat dengan kepala OPD di Ruang Rapat Utama, Kantor Gubernur NTB, Senin (14/08). Dalam rapat tersebut Gubernur melarang dan mengingatkan  jajarannya, agar tidak saling “berbalas pantun” dalam menghadapi kritik dari pihak luar karena akan membingungkan masyarakat.

Gubernur juga meminta seluruh Kepala OPD lebih fokus pada upaya pencapaian  indikator-indikator kinerja yang telah ditetapkan di dalam RPJMD Provinsi Nusa Tenggara Barat 2013-2018. “Ini masih ada  sisa waktu setahun untuk memenuhi target yang belum tercapai,” ujar Gubernur. 

Saat ini kata Gubernur ada isu seolah-olah seluruh indikator kinerja RPJMD belum tercapai semua padahal sambung TGB kenyataannya, dari 31 indikator yang ada, sebanyak 20 indikator  sudah mencapai target yang ditetapkan, sementara 11 indikator masih perlu mendapat perhatian dan kerja keras. Dari 11 indikator tersebut, Gubernur meminta agar digenjot pelaksanaannya, sehingga pada akhir RPJMD NTB tahun 2018 nanti seluruh indikator telah tercapai dengan baik. Selain itu, gubernur  menekankan kepada OPD teknis, khususnya yang bertanggung jawab dalam pencapaian indikator kinerja RPJMD  tersebut, agar  meningkatkan sinergi, koordinasi dan komunikasi antar sektor.

Dalam rapat ini,  Gubernur juga menyinggung tentang ASN yang berniat maju ikut kontestasi politik pada Pilkada 2018 mendatang.  TGB menegaskan tidak pernah melarang bila ada ASN yang berkeinginan ikut mencalonkan diri. Bahkan dirinya sangat mendukung ASN yang berniat ikut pada kontestasi politik, namun TGB berharap agar ASN yang akan ikut kontestasi politik, lebih mengedepankan semangat politik yang santun. 

“Kalau ikut politik, juallah gagasan, jangan saling mencari cari kesalahan,” pesan gubernur TGB. 

Hal itu penting, kata Gubernur karena ASN berada dalam satu lingkaran sistem yang bekerja mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi masyarakat. 

Gubernur juga mengajak seluruh jajarannya untuk terus memaksimalkan koordinasi dan komunikasi serta tetap bersinergi dalam menjalankan tugas dan urusan kepemerintahan. Terutama, hal-hal yang selama ini dianggap belum tuntas, seperti program pengalihan urusan pemerintahan yang sedang ditangani, misalnya Dinas Kehutanan dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kelautan, Perijinan dan lain-lain. 

“Hal-hal yang belum tuntas, segera selesaikan,” tegas Gubernur.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close