Breaking News

Gubernur Sidak Sejumlah Instansi Pelayanan publik

Mataram (postkotantb.com)- Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa instansi peyelenggara layanan publik lingkup Pemerintah Provinsi NTB Senin (07/08/2017). Instansi layanan tersebut diantaranya Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP), Kantor Layanan Terpadu Satu Pintu Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB. Gubernur ingin memastikan bahwa pelayanan publik di instansi tersebut berjalan baik, lancar dan sesuai prosedur yang ditetapkan.

Di RSUP, Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan akbrab Gubernur NTB mengecek pelayanan yang dilakukan di hampir semua klinik dan bagian yang ada, seperti Bagian administrasi, Ruang Network Operation Center (NOC), Instalasi JPK, Klinik Jantung, Klinik Rehabilitasi Medik, Klinik Dalam, Klinik Anak, Klinik Bedah serta bagian pelayanan lain yang berhubungan langsung dengan pasien. Di ruang bedah Onkologi, TGB berbincang dengan paramedis mengenai sejumlah penyakit yang dikeluhkan masyarakat, terutama penyakit kanker. Ditemani Direktur Rumah Sakit, dr. H. L. Hamzi Fikri, MM, Gubernur mendapatkan banyak informasi yang menjadi munculnya penyakit ganas seperti kanker payudara. Salah satunya disebabkan oleh gaya hidup. Dari informasi itu, TGB meminta rumah sakit dan dinas kesehatan untuk meningkatkan penyuluhan terkait pola hidup sehat. Sehingga masyarakat mendapatkan informasi utuh serta pola-pola yang diterapkan agar terhindar dari penyakit tersebut. 

Selain berinteraksi dengan petugas kesehatan dan dokter di rumah sakit tersebut, TGB juga berdialog dengan masyarakat untuk menggali informasi mengenai pelayanan masyarakat di rumah sakit. Termasuk menanyakan kesulitan yang dihadapi saat mendapatkan perawatan di rumah sakit, baik rawat inap maupun rawat jalan. Selain pelayanan, Gubernur yang mengecek kebersihan di setiap sudut ruangan pelayanan publik dan juga ruang kerja petugas. 

Usai Sidak di RSUD, Gubernur kemudian meyambangi Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia. Di tempat itu, TGB berbincang dengan sejumlah Calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan bekerja di luar negeri, seperti di Malaysia, Brunai Darusalam dan sejumlah negara lainnya. Sebagian besar Calon TKI yang diajak berbincang TGB saat itu sedang mengurus Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN), Passpor dan sejumlah administrasi lainnya. TGB meminta mereka untuk melengkapi semua berkas yang dibutuhkan untuk menghindari masalah saat nanti sudah bekerja di luar negeri. Di ruang pelayanan, Gubernur kemudian berdialog dengan petugas, untuk menjaring informasi, termasuk jaminan-jaminan dan hak-hak yang diperoleh TKI ketika mendapat masalah di luar negeri. Ia meminta suluruh petugas untuk melayani masyarakat dengan baik, tulus serta mengedepankan keramahan. 

Dari kantor LTSP, TGB melanjutkan sidak ke Kantor  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, UPTD Balai Latihan Masyarakat dan Transmigrasi NTB yang berada tidak jauh dari kantor LTSP-TKI. Gubernur dua periode tersebut menyapa satu persatu kader dan dilanjutkan dengan dialog terkait kebutuhan dan masalah yang perlu ditangani di desa masing-masing. Saat itu, Gubernur mengajak pemuda-pemudi itu untuk senantiasa memberikan sumbangsih positif bagi desa masing-masing. (RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close