Breaking News

Lotim Akan Gelar Pilkades Serentak Desember Mendatang

Lombok Timur (postkotantb.com) - Bupati Lombok Timur, yang diwakili Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lombok Timur,  Drs. H. M. Juaini Taofik, MM menghadiri Rapat Koordinasi Camat dan Kepala Desa Se Kabupaten Lombok Timur, Hari Sabtu (12/8) di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lombok Timur. 

Hadir dalam acara tersebut Camat dan Kepala Desa Se Kabupaten Lombok Timur. Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur menyampaikan “bahwa rapat koordinasi hari ini membahas tentang Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Lombok Timur Tahun  2017 yang akan diadakan pada bulan Desember nanti.”

Pemilihan Kepala Desa Tahap II tahun 2017 semula sebanyak 142 Desa  (Kepala Desa yang berakhir dari bulan April 2017 s.d Maret 2018), bertambah 17 Desa  dari Kepala Desa yang berakhir dari bulan Agustus sampai dengan Desember  2018 sehingga jumlah Desa  yang akan melaksanakn pemilihan Kepala Desa sebanyak 159 Desa.

“Ada 4 tahap pemilihan Kepala Desa serentak,  yaitu: Persiapan, Pencalonan, pemungutan Suara dan Penetapan, Sampai dilantik oleh Bupati Lombok Timur,” ungkap Taofik.

Disampaikan juga pembiayaan untuk Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa bersumber dari APBD Kabupaten Lombok Timur dan bersumber dari APBDes Masing-masing  Desa yang melaksanakn pemilihan Kepala Desa dan pembiayaan pengamanan Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2017, telah dianggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur melalui DPA DPMD  Kabupaten Lombok Timur Tahun Anggaran 2017.

Taufik juga menyampaikan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor  113 tahun  2014 tentang pengelolaan Keuangan Desa  terutama pada pasal  33 yang mengatur tentang perubahan Peraturan Desa dan pasal  34  dalam hal bantuan keuangan dari APBD Provinsi dan APBD kabupaten /kota  serta hibah dan bantuan pihak ketiga yang tidak mengikat ke desa, disalurkan setelah ditetapkannya Peraturan Desa ttg Perubahan APBDes, perubahan diatur dengan Peraturan Kades tentang APBDes.


Taofik berharap, “pemilihan Kepala Desa nanti berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Untuk itu dimohon Dukungan semua pihak agar semua kegiatan pemilihan nanti berjalan baik sesuai yang direncanakan,” ungkapnya. (D'Yudha)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close