Breaking News

Tabuh Gendang Beleq Gubernur Buka Pesona Lombok Sumbawa


Mataram (postkotantb.com)- Even budaya yang di kemas dalam agenda Pesona Lombok Sumbawa Jumat (18/8) resmi di buka. Peresmian agenda budaya tersebut di lakukan secara simbolis dengan menabuh Gendang Beleq oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Zainul Majdi yang di dampingin Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin Msi, Wakil Walikota Mataram dan sejumlah pejabat tinggi Pemprov NTB.

Gubernur NTB TGH Zainul Majdi mengatakan, even budaya di harapkan mampu menjadi filter arus modernisasi yang menggempur peradaban dan adat ketimuran. Selain itu TGB sapaan akrab Gubernur NTB juga menegaskan selain menjadikan budaya sebagai penyaring arus modernisasi juga imbangi dengan nilai-nilai keagamaan.

Agama dan budaya menurut TGB harus seiring sejalan. Terlebih era globalisasi yang bisa menggerus nilai luhur budaya bangsa. Tgb juga meminta agar semua masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, tidak mudah terpecah belah dan menjadikan dua unsur utama yakni agama serta budaya menjadi perekat dalam mewujudkan persatuan khususnnya di NTB yang di huni oleh beragam etnis serta budaya.

“jadikan even ini sebagai upaya untuk mencegah serta memfilter arus globalisasi serta moderinasi yang bisa menggerus adat ketimuran kita. Kita harus mampu menyelarasakan antara agama dan budaya, tidak hanya berjalan satau arah saja, dua unsur ini sangat penting.” Paparnya.

Sementara Asisten Deputy Kemenpar bidang pengembangan segmen pasar dan pemerintah, Tazbir mengatakan, Indonesia masuk dalam 20 negara di dunia yang pertumbuhan pariwisatanya mengalami kemajuan. Pertumbuhan pariwisata di indonesia menurut Tazbir mencapai 24 persen. Sementara di NTB, Kemenpar tetap memperhatikan dan memantau pertumbuhan pariwisata. Pembukaan penerbangan dari negara luar langsung ke Lombok menurut Tazbir langkah maju. Ia berharap selain maskapai dari Korea kedepannya lebih banyak lagi rute langsung dari maskpai luar negeri yang mendarat di Lombok.

“kemajuan pariwisata di NTB sangat signifikan, terlihat dari target kunjungan wisatawan yang terus naik, saya berharap kedepannya lebih banyak akses penerbangan dari luar negeri ke Lombok, jadi tidak transit lagi di bandara luar NTB.” Jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB L. Muhammad Faozal menerangkan event budaya yang di kemas dalam agenda Pesona Lombok Sumbawa ini selain memperkenalkan berbagai budaya yang ada di NTB juga sebagai upaya untuk penanaman dan pelestarian nilai-nilai budaya yang kian tergerus.

“seiring dengan pengembangan pariwisata di daerah NTB juga berdampak pada serangan terhadap kemapanan nilai yang di wariskan oleh generasi terdahulu, bulan pesona budaya Lombok Sumbawa ini menjadi salah satu instrumen untuk mencegah lunturnya nilai-nilai budaya tersebut.” ungkapnya.

Karnaval pesona Lombok Sumbawa di ikuti 1500 peserta dari 10 kabupaten kota. Dan melibatkan ratusan pelajar serta 10 kendaraan hias dari perwakilan desa wisata, Poltekpar, Dispar danITDC. Masing-masing peserta mempertunjukan beragam atraksi budaya, mulai dari Gendang Beleq, Tarian Rudat, serta prosesi Sunatan hingga prosesi Maulid Adat dari desa Bayan Kabupaten Lombok Utara.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close