Breaking News

NTB Berpeluang Sebagai Pusat Produksi Sapi Nasional


Mataram (postkotantb.com)- Produksi sapi di NTB khususnya ruminansia cukup besar. Selama ini NTB telah banyak berkontribusi terhadap peternakan nasional, mulai dari pengiriman daging dan pengiriman pedet ke beberapa daerah di Indonesia. Tahun 2017 ini saja Provinsi NTB telah mengekspor sapi sebanyak 30.000 ekor dan sapi pedet sebanyak 10.000 ekor.

Dengan potensi yang besar tersebut, maka NTB berpeluang sebagai pusat produksi Sapi Nasional. Pernyataan tersebut di sampaikan oleh Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, S.H., M.Si saat menerima kunjungan  Sekretaris Anggota Wantimpres Bapak Darmadi beserta Tim Kajian "Model Pengembangan Peternakan Sapi Untuk Mewujudkan Swasembada Daging" di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB, Rabu (6/9/2017).

Wagub menegaskan untuk meningkatkan pertumbuhan populasi ternak sapi di Indonesia, diperlukan komitmen kuat dari semua pihak untuk melakukan program breeding secara berkelanjutan dan menggunakan pendekatan  potensi kawasan. Bagi daerah daerah yang memiliki potensi ruminansia perlu mendapat prioritas perhatian untuk dikembangkan. Oleh karenanya,ujar  Wagub Provinsi NTB sebagai salah satu daerah kajian pengembangan peternakan sapi di Indonesia, pilihan yang tepat sebagai pusat Peternakan, khususnya produksi sapi guna menyokong peningkatan jumlah populasi sapi di Indonesia.

“Beternak sapi merupakan tradisi turun temurun di NTB, tidak salah bila di lakukan penelitian dan pengembangan pembibitan dan produksi sapi di lakukan di NTB, semoga dengan langkah ini akan mengembalikan NTB sebagai penyangga sapi nasional.” Paparnya.

Sekretaris Anggota Wantimpres Mayjen. TNI (Purn) Jan Darmadi, Dr. (H.C.) I.G.K Manila, S.IP kunjungan ke NTB untuk meninjau dan menggali informasi terkait pengembangan sektor pertanian dan peternakan di Provinsi NTB. "Nantinya kajian ini akan dilaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo," ujarnya.(rz) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close