Breaking News

NTB Raih Attractiveness Award 2017



Mataram (postkotantb.com)- Pemerintah Provinsi NTB kembali meraih prestasi nasional yang cukup membanggakan. Kali ini  Frontier Consulting Group dan Tempo Media menganugerahi penghargaan Attractiveness Award 2017, di Hotel Westin Jakarta, Jum'at malam, 29/9-2017. 

Setelah sebelumnya selama 3 bulan, Group Media Nasional itu melakukan pengukuran dan observasi yang cukup ketat terhadap daya tarik setiap daerah di Indonesia. Keseluruhan pengukuran ini disebut "Indonesia's Attractiveness Index" yang  mampu memberikan gambaran nyata mengenai daya tarik setiap kabupaten maupun  provinsi sebagai daerah tujuan investasi. 

Award yang diterima Gubernur NTB, diwakili Wagub H. Muh Amin, SH. M.Si tersebut juga merupakan bukti bahwa Kepala Daerah dalam hal ini Gubernur TGB memiliki kinerja yang sangat baik. 
"Penghargaan ini menunjukkan bahwa 'Leadership' di daerah itu sangat baik dan penting.  Kami ingin menjalankan tahun demi tahun lebih serius, karena daya tarik Indonesia sebagian besar ditentukan dari daya tarik daerah", ungkap Direktur Utama PT. Tempo Media, Toriq Hadad di hadapan sejumlah menteri dan para Kepala Daerah yang hadir saat memberikan sambutan dan penjelasan pada acara penyerahan Award tersebut.

Ia menjelaskan acara seperti ini merupakan yang ketiga kalinya yang pernah diadakan sebelumnya. Diantara para pemenang ada beberapa nama daerah dari tahun ke tahun yang berhasil mempertahankan predikat juara dengan berbagai kategori. Ini menandakan bahwa pimpinan daerah menunjukkan kinerja yang baik dan bisa mempertahankannya, tutur Hadad.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para pemenang yang berhasil mendapat penghargaan dalam berbagai kategori.

Menurutnya, Pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia sangat ditentukan oleh kemajuan dan daya saing masing-masing daerah. Daerah yang menarik sebagai tujuan investasi akan memberikan kesempatan yang besar untuk semakin bertumbuh. Ditegaskan oleh Hadad banyaknya investor yang menanamkan investasinya ke berbagai sektor di suatu daerah, berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan daerah, dan sekaligus menaikkan tingkat konsumsi masyarakat di daerah tersebut. 

Untuk itu, demi menunjang kemajuan pertumbuhan ekonomi suatu daerah, menurutnya diperlukan infrastruktur seperti jalan, listrik, dan komunikasi sehingga memudahkan proses distribusi dan akses terhadap suatu pelayanan. 

Sektor pariwisata juga merupakan salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang seringkali memberikan kontribusi yang besar bagi suatu daerah, terangnya. Daerah-daerah yang mampu menarik turis dari dalam negeri maupun mancanegara akan mampu memberikan pemasukan yang besar sehingga meningkatkan pajak daerah dan menggairahkan ekonomi setempat baik sektor perdagangan, transportasi, akomodasi, dan lainnya.

Menurutnya, kemajuan daerah juga dapat dilihat dari kepuasan publik terhadap layanan-layanan yang diberikan oleh pemerintah daerah. 

Menteri Pariwisata, Arif Yahya, yang saat itu diwakili Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Dadang Rizki Ratman,menyampaikan apresiasi kepada Tempo karena telah menyelenggarakan award kepada Provinsi dan kabupaten/kota, hal ini menentukan kredibilitas daerah masing-masing. "Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi kabupaten lainnya, mengelola pariwisata akan memberi manfaat yang besar terutama para pelaku usaha yang berkecimpung di bidang pariwisata, dan mengembangkan pariwisata akan meningkatkan pendapatan masyarakat", tuturnya.

Di tempat yang sama, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri mewakili Mendagri, Zudan Arif Fakrullah, sangat terharu melihat apa yang dilakukan Tempo pada hari ini. Atas nama Kemendagri ia turut mengucapkan apresiasinya. Hal ini dinilai sebagai sebuah upaya untuk membangun ekosistem pemerintahan yang lebih sehat. "Kami sangat berharap ibu dan bapak dapat membangun dan menumbuhkan inovasi baru", pungkasnya.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close