Breaking News

Guru Asal Sumbawa Wakili SMK Kemaritiman Ikuti Pelatihan Di Selandia Baru



Sumbawa Besar (postkotantb.com)- Sebanyak 40 guru dan kepala sekolah kejuruan berprestasi se-Indonesia mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan di Selandia Baru. Mereka akan mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas (capacity building).
"Selandia Baru dikenal sebagai negara yang memiliki keunggulan di bidang pendidikan kejuruan dari sekolah menengah atas, diploma, hingga tingkat doktoral yang dirancang memiliki hubungan dengan dunia kerjadan dunia usaha," kata Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya lewat keterangan tertulisnya,belum lama ini.
Kegiatan ini dilakukan di Auckland University of Technology (AUT), Selandia Baru, dari 14 Oktober sampai 4 November 2017 lalu. Selain meningkatkan kapasitas para guru, pelatihan ini dirancang agar para pengajar dapat membuat siswa lebih aktif dan lebih mudah memahami materi ajar.
Kegiatan pelatihan diadakan dalam bentuk seminar, diskusi antar pengajar, workshop, dan kunjungan ke sekolah-sekolah. Diharapkan, pelatihan ini membuat para guru dapat mengaplikasikan metode pengajaran lebih baik.
Tantowi memaparkan tentang 'Selandia Baru Negara Sahabat di Pasifik'. Dia menjelaskan Selandia Baru masih memiliki potensi kerja sama di berbagai bidang, terutama di bidang pendidikan, ekonomi, dan budaya. Selama ini AUT aktif menjalin kerja sama pendidikan dengan pemangku kepentingan di Indonesia. Pada 2016, 50 penggiat seni budaya yang terpilih mengikuti pelatihan di AUT. AUT adalah satu dari delapan universitas terbaik di Selandia Baru.
"Sebagai bagian dari tugas kami dalam upaya mencerdaskan rakyat Indonesia, kami terus giat membangun komunikasi dengan berbagai universitas di Selandia Baru dalam rangka mencari peluang kerja sama dalamberbagai bentuk dan juga beasiswa," jelas Tantowi,seperti dirilis detik.com.
Ke 40 Guru tersebut ikut ambil bagian Kepala Sekolah SMKN 1 Alas Gunawan S Pd. Menurut Gunawan dengan adanya pelatihan mengajar tersebut, kami sangat bangga, karena SMKN 1 Alas mendapat kepercayaan menjadi utusan dari seluruh SMK yang ada di Indonesia dibidang Kemaritiman,kata Gunawan bangga.
“Gunawan juga mengatakan,keberangkatannya itu adalah merupakan undangan langsung dari Kementerian Dikbud," paparnya.
Ia juga mengatakan bahwa keberangkatannya itu jelas nama yang diundang oleh Kementrian adalah dia, jadi apabila ada yang mengatakan bahwa yang diundang orang lain itu tidak benar,menepis isu yang berkembang..
Gunawan juga mengatakan sebelum keberangkatan ia hanya bisa menyebutkan beberapa kata dalam bahasa Inggris seperti yes dan no saja, namun karena adanya komunikasi dengan guru yang lain sehingga ia bisa melakukan percakapan dengan bahasa asing tersebut. dirinyapun merasa bangga kerena satu satunya yang mewakili SMK Kemaritiman. Sebelum keberangkatannya ia terlebih dulu ikut seleksi untuk mewakili semua SMK Kelautan.(Indrawan)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close