Breaking News

Menilik Peluang dan Tantangan Politik Paket Perempuan


Mataram (postkotantb.com)- Perhelatan Pemilihan kepala daerah tidak jarang memunculkan kejutan. Dalam beberapa kesempatan muncul paket dimana posisi calon kepala daerah di ambil alih oleh perempuan, dan kondisi serupa pada pilgub tahun 2018 tidak menutup kemungkinan bakal terjadinya paket perempuan. 

Mi6 menilai paket paslon perempuan- perempuan perlu diatensi dan di apresiasi karena akan menjadi daya tarik yang kuat dlm konstestasi pilkada ini . 

Jika benar Demokrat dan PDIP berkoalisi kemungkinan besar Siti Rohmi akan berpasangan dengan Putu Selly Andayani dari PDIP. Bila paket ini terealisasi  konstelasi politik akan berubah dengan terbentuknya poros politik yg baru ini. 

Direktur Mi6 Bambang Mei Finarwanto SH menilai sejumlah faktor yang membuat paket perempuan akan lebih menarik dan menjadi daya tarik tersendiri. Faktor tersebut kata Didu sapaan akrabnya adalah bila terealisasi maka ini menjadi sejarah pentas politik di NTB  ." Disinilah nilai estetika politiknya ada duo perempuan yg bertarung dan diberi kepercayaan untuk berlaga dengan segala kelebihan dan keterbatasan yg dimiliki," ujar direktur Mi6 , Bambang Mei Finarwanto , SH. sembari menambahkan ekspektasi publik makin kuat dengan paket ini mengingat keduanya memiliki kapasitas dan kredibilitas yang tanpa cela .

Faktor kedua kata Didu, koalisi PDIP dan Demokrat mencerminkan aliansi Nasionalis dan Religius yg bisa menyatukan semua entitas yang ada di NTB . " ini koalisi yg ramping dan simple yang memudahkan pergerakan di basis basis konstituen," ujarnya.

Terlebih dalam Pilkada 2013 ,demokrat dan PDIP pernah  berkoalisi ketika memenangkan paket Bajang Amin . " jadi sdh punya pengalaman dan tahu karakter  masing masing loyalis vottersnya dan konsentrasi pemilihnya ," tambahnya. 

Daya tarik lain paket yang di singkat SS ini dari sisi moral tidak memiliki cacat hukum dan memiliki track record yg baik . " mereka adalah srikandi srikandi yg akan menjadi the rising star dlm Pilkada ini asal diberi kepercayaan dan mandat oleh partainya," imbuh Didu 

Sementara tantangan politik paket Perempuan ini pasti ada dengan mendelegitimasi peran kaum perempuan dengan berbagai taktik. " jika hal tersebut terjadi, tidak perlu terprovokasi. Cukup dilawan dengan kerja nyata di basis,  biar konstituen yang menilai sendiri," jelas Didu . 

Meskipun secara elektabilitas paket SS belum teruji , tapi dengan sisa waktu 7 bulan Didu optimis akan ada peningkatan popular vote ataupun elektabilitas dengan kerja kerja politik  yang rapi dan terukur ." yang penting jumlah pemilih perempuan lebih besar dari pemilih laki laki," kata Didu lagi. 

Paket SS ini diprediksi akan mudah menarik simpati pemilih karena kekuatan marwah masing masing figur ini. Siti Rohmi  akan diperjuangkan secara maksimal oleh TGB,  NW, demokrat." TGB dan NW  harus bisa memastikan bahwa  tongkat estafet kepemimpinannya harus jatuh kepada orang yang bisa melanjutkan kesinambungan program pembangunan yang belum sempat dituntaskan dieranya," sambungnya . 

Selanjutnya Didu menambahkan  Hj Putu Selly  Andayani akan diback up penuh oleh PDIP dan loyalisnya karena dianggap kader perempuan PDIP yang memiliki kemampuan dan skill yang dalam memimpin. 

Lebih jauh dikatakannya, Putu Selly terbukti saat menjadi penjabat Walikota Mataram thn 2015 silam, melakukan serangkaian terobosan dan kebijakan birokrasi di Pemkot Mataram tanpa menimbulkan gejolak politik yang berarti ,  seperti menaikkan TAPD pegawai tanpa harus mengotak atik komposisi jabatan pegawai. " etos kerja birokrasi di Mataram menjadi terpacu dengan gaya kepemimpinan Putu Selly saat itu,," tandas didu .

Faktor terakhir jelas Didu untuk menyukseskan paket SS ini meraih simpati dan suara pemilih tentu harus dibarengi dengan  taktik dan strategi yg jitu, dan cerdik melihat  setiap celah dan peluang politik yg ada," pungkasnya.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close