Breaking News

Tingkatkan Kemampuan Otak Anak Kodim 1606 Lobar Gelar Acara Wisata Matematika Bela Negara


Kasdim Kodim 1606 Lobar Mayor Inf Lalu Januardi Memaparkan Kegiatan Wisata Matematika 

Mataram (postkotantb.com)- Pelajaran matematika masih menjadi momok menakutkan bagi para siswa. Tidak jarang siswa menghindari pelajaran ini. Bahkan di beberapa kejadian akibat tidak ingin mengikuti pelajaran berhitung ini para siswa melakukan tindakan tidak terpuji yaitu melakukan bolos sekolah. Untuk merangsang siswa dan mengenalkan metode pembelajaran matematika yang mudah di pahami Komandi Distrik Militer (Kodim) 1606 Lombok Barat bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Mataram menggelar acara Wisata Matematika bela negara yang di ikuti sejumlah tenaga pendidik dan kepala sekolah.

Kasdim Kodim 1606 Lombok  Barat Mayor Inf Lalu Januardi menjelaskan, acara wisata matematika bela negara ini adalah kolaborasi pelajaran matematika dengan kegiatan yang bersifat menumbuhkan karakter siswa untuk mengetahui wawasan kebangsaaan. Wisata matematika bela negara ini sendiri di akui sebagai metode pembelajaran baru dimana dua bidang di gabungkan menjadi satu, meski demikian di yakini metode ini akan digemari dan mempermudah siswa untuk memahami peljaran matematikan dan mipa.

Lebih jauh Kasdim mengatakan metode ini lebih di utamakan prakktek dengan komposisi teori 40 persen dan praktek 60 persen. Selain pelajaran berhitung para siswa juga melakukan kegiatan berupa pengenalan dan pembelajaran tentang wawasan kebangsaan dimana para siswa akan di berikan sejumlah pelajaran mengenai sejarah bangsa, melakukan kunjungan ke sejumlah komando militer, pengenalan terhadap alutsista.

Kasdim berharap dengan adanya acara wisata matematika bela negara ini akan dapat di lanjutkan pada tahun depan. Selain itu Kasdim menilai kegiatan ini sangat bermanfaat selain merangsang otak siswa untuk berhitung juga memberikan pengetahuan tentang bela negara.

“kegiatan ini sangat bermanfaat, kami berharap acara seperti ini kedepannya bisa di laksanakan lagi dengan peserta yang lebih banyak, baik dari peserta umum maupun dari anggota dan prajurit,” paparnya.


Kadis Pendidikan Kota Mataram Sudenom Mendukung Kegiatan Wisata Matematika 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram Sudenom mengatakan kegiatan wisata matematika bela negara ini kedepannya bisa masuk dalam kurikulum. Sudenom menjelaskan metode ini sangat bagus untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berhitung. Selama ini menurut Sudenom pelajaran matematika merupakan pelajaran yang paling di hindari, bahkan dalam ujian nasional atau sekolahpun banyak siswa yang tidak lulus dalam pelajaran matematika.

Di singgung tentang bela negara yang disisipkan dalam pelajaran matematika menurut Sudenom sangat baik. Ia menilai pelajaran berhitung yang di sisipi kegiatan bela negara akan memberikan dampak ganda bagi siswa, selain merangsang kemampuan berhitung juga mendidik para siswa untuk lebih memahami arti bernegara dan berbangsa serta membentuk karakter siswa untuk lebih mencintai negara.

“ini kolaborasi yang bagus, tidak hanya memberikan pelajaran berhitung juga akan memberikan pendidikan kebangsaan, semoga acara ini akan menjadikan siswa generasi yang pandai dan mampu menjadi pribadi yang mencintai negara dan bangsa ini,” ucapnya.

Kegiatan wisata matematika bela negara ini di laksanakan selama dua hari di markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1606 Lombok Barat. Peserta kegiatan ini sebanyak 60 orang yang terdiri dari para guru dan kepala sekolah.(RZ)           


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close