Breaking News

Di Apit Para Jawara, Pasangan Zul Rohmi Punya Kekuatan Dan Pesona

Pengamat Politik M16 Mengatakan Meski Pendatang Baru Pasangan Zul-Rohmi Punya Kekuatan

Mataram (postkotantb.com)- Perhelatan dan konstelasi politik  PilGub NTB 2018 menjelang masa pendaftaran paslon ke KPU tgl 8 januari s.d 10 Januari 2018 makin terlihat afiliasi atau back up politik  para Paslon yang diusung parpol .

Setelah PDIP menyatakan diri mengusung Paket Ahyar Mori , Giliran PKB NTB secara resmi mengusung Paket Suhaili Amin. Beberapa hari sebelumnya PKS NTB merapat ke Zul Rohmi .

Selain itu sisi menarik dari konstestasi PilGub NTB ini adalah tampilnya Paslon independen Ali Sakti yang turut meramaikan hajatan pesta demokrasi rakyat NTB ini.

Terlepas hal tersebut , Mi6 menilai  ajang  PilGub NTB akan menempatkan sosok  pendatang baru , paket Zul Rohmi akan bertanding melawan tiga jawara petarung politik yang memiliki rekam jejak memenangkan kon stestasi pilkada  kabupaten/kota era sebelumnya .

Demikian dikatakan Direktur Mi6, Bambang Mei Finarwanto, SH menanggapi konstelasi politik pilgub NTB melalui siaran pers yang disampaikan ke Media, Jumat sore , 5/1/2018.

Selanjutnya Didu , panggilan akrab direktur Mi6 mengakui paska PDIP NTB mengusung secara resmi Paket Ahyar Mori akan mengubah secara drastis konstelasi politik pilgub NTB di injury time . Posisi Tawar Politik Paket Ahyar Mori makin menguat dimata Paslon lain. Hal ini karena bagaimanapun PDIP sebagai the ruling party tentu memiliki kalkulasi politik yang clear sampai memback up Ahyar Mori." Salah satu agenda politik besar PDIP kedepan adalah Pilpres 2019 untuk memenangkan Jokowi lagi. Maka tentu PDIP harus bisa memastikan bahwa semua Paslon yg diusung menang dalam semua pilkada serentak agar jelas mapping suara pemilih untuk kepentingan Pilpres 2019 tersebut," ujar didu menganalisa dalam kontek pilkada serentak .

Sementara itu lanjut Didu , setelah PKB NTB melakukan manuver politik tidak segera menyudahi permainan , akhirnya dipastikan PKB NTB merapat ke paket Suhaili Amin. Dari sisi bargaining politik dengan diusung Golkar , Nasdem dan PKB, Paslon Suhaili Amin makin digdaya dan percaya diri memenangkan PilGub NTB. " apalagi paket Suhaili Amin mencerminkan perimbangan politik lombok sumbawa," lanjut Didu .

Lebih jauh Didu mengatakan paket  Ahyar Mori dan Suhaili Amin mencerminkan kekuatan politik yang sesungguhnya karena dukungan afiliasi politik yang berimbang. Selain itu yang terpenting adalah mereka memiliki pengalaman yang sama memenangkan pilkada dua kali di wilayahnya."  dengan pengalaman dan nama besar sebagai  jawara petarung politik,  Ahyar maupun  Suhaili tentu memiliki treatment khusus memenangkan PilGub NTB ini," kata direktur Mi6 yang mantan Direktur  Eksekutif  Walhi NTB .

Kekuatan dan pesona paket Zul Rohmi

Sementara itu Sekretaris Mi6 , Lalu Athari Fathullah, SE mengatakan  paket Zul Rohmi yang diusung koalisi ramping demokrat dan PKS, diakui merupakan wajah baru dan  belum memiliki pengalaman dalam pilkada sebelumnya seperti tiga tiga calon lain yakni Ali BD , Ahyar Abduh." Sebagai pendatang baru di pentas PilGub NTB,  wajar jika Zul Rohmi diprediksi sulit memenangkan pemilu kada Gubernur ini," ujarnya sembari mengatakan dalam politik itu tidak ada yang tidak mungkin ketika ada invisible hand turut terlibat . 

Meskipun demikian lanjut Athar , paket Zul Rohmi tidak boleh dipandang sebelah mata karena memiliki kekuatan dan pesona dengan  latar belakang back up politik yang mumpuni yakni dukungan demokrat, PKS dan Jamaah NW yang solid." Itulah modal suara Zul Rohmi yang riil dan kongkret dalam memenangi PilGub NTB, selain indikator hasil survey yang trend elektabilitas Zul Rohmi meningkat secara signifikan," ungkap Athari .

Lebih jauh Athari mengatakan yang tidak boleh dianggap enteng yakni posisi TGB tentu akan bahu membahu memenangkan Zul Rohmi. " sebagai kreator politik yang mendesign munculnya paket Zul Rohmi ,  TGB pasti  memiliki kalkulasi politik yang cerdas mengatasi para jawara petarung politik itu," tambah Athar .

Selain itu Athar menambahkan  pengalaman kekalahan NW di benteng pertahanannya dalam pentas pilkada bupati  lombok timur 2013 silam agaknya menjadi bahan evaluasi dan refleksi penting dibalik munculnya paket Zul Rohmi." Selain mewakili Lombok Sumbawa , paket Zul Rohmi dihajatkan pula meraih suara perempuan  dan pemilih milenial," lanjut sekretaris Mi6 ini .


Selanjutnya Didu menambahkan bahwa konstelasi PilGub NTB the last minute diprediksi akan ada kejutan politik yang tidak terduga. Hal ini terkait masih ada beberapa partai yang belum mengeluarkan SK dukungan buat para Paslon. " tidak tertutup kemungkinan partai yang semula mendukung calon tertentu, bisa berubah haluan Paslon yang diusung karena ada perubahan sikap politik DPP partai tersebut ," pungkasnya sambil mengatakan dalam politik kerap terjadi apa yang terlihat tidak mencerminkan fakta sesungguhnya .(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close