Breaking News

Forum Pemuda Peduli Desa Priggasela Laporkan Penyalahgunaan ADD dan Prona Ke Kejari Selong

Ratusan Pemuda Pringgasela Timur Gedor Kejari Selong Tuntut Tuntaskan Dana ADD dan Prona

Lombok Timur (postkotantb.com)- Ratusan masyarakat desa Pringgasela Timur Kecamatan Pringgasela kamis (4/1) mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Selong menuntut kasus dugaan penyalahgunaan dana desa tahun 2017 oleh kepala Desa Pringgasela Timur di usut tuntas. Masyarakat yang mengatasnamakan Forum Pemuda Lombok Timur dan KNPI LOTIM dalam orasinya mengatakan pelaksanaan aktivitas pembangunan desa baik yg bersifat fisik ataupun non fisik tidak mengacu pada asas pembangunan akuntabel dan terbuka.  Kordinator Umum (Kordum) aksi Taupik Hidayat mengatakan semestinya pembangunan desa menggunakan anggaran tepat sasaran sesuai peruntukannya dan akuntabel. 

Taupik juga menjelaskan bahwa persoalan ini pernah dilaporkan ke inspektorat beberapa bulan lalu oleh pemuda di desa Pringgasela Timur, namun tidak ada kejelasan penanganan sampai sekarang. Hal tersebut membuat mereka kecewa. Buntutnya ratusan massa menggelar unjukrasa di Kejaksaan Negeri Selong.

Tokoh pemuda Desa Pringgasela Timur, Herwan  berharap agar aparat penegak hukum untuk turun ke Desa Pringgasela Timur memonitor situasi pembangunan yang laporkan.  Merekapun menyatakan kedatangan ke Kejari Selong untuk meminta keadilan. merekapun melaporkan dugaan penyalahgunaan dana desa dan alokasi dana desa tahun 2017. Mereka meyakini ada kejanggalan pengelolaan dana milyaran rupiah tersebut. Mereka  berharap Kejaksaan Negeri Selong mengusut tuntas persoalan ini.

Selain persoalan anggaran dana desa, Taupik juga mengatakan bahwa diduga ada pungli dalam penerbitan sertifikat prona tahun 2015. Menurut Taupik masyarakat diminta mengeluarkan sejumlah uang berkiasr Rp. 400.000 per sertifikat.


Mereka mengatakan bahwa aski tersebut adalah permulaan, bila kasus ini tidak tuntas mereka mengancam akan menggelar unjukrasa dengan jumlah yang lebih besar.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close