Breaking News

Sekda NTB: Insan Humas Harus Budayakan Menulis Efektif

H. Rosiady Sayuti, M.Si., P.Hd saat menutup kegiatan Bimtek Jurnalistik Kehumasan yang diselenggarakan
oleh Biro Humas dan Protokol Setda. Prov. NTB di hotel Lombok Garden Mataram

Mataram (postkotantb.com)- ASN yang diberi amanah untuk bergelut di bidang kehumasan, harus memiliki kompetensi khusus yang mampu diandalkan oleh kelembagaan. Salah satu kompetensi tersebut adalah kemampuan menulis efektif, yang didalamnya terdapat tulisan yang cepat dan lengkap. "Menulis efektif harus dibudayakan oleh insan humas agar menghasilkan konsep sambutan maupun rilis yang mampu menggambarkan kebijakan pembangunan secara jelas, faktual dan uptodate," Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB Ir. H. Rosiady Sayuti, M.Si., P.Hd saat menutup kegiatan Bimtek Jurnalistik Kehumasan yang diselenggarakan oleh Biro Humas dan Protokol Setda. Prov. NTB di hotel Lombok Garden Mataram, Kamis (15/2/18).

Bimtek yang menghadirkan ASN yang bertugas di bidang kehumasan se -kabupaten/kota di NTB serta OPD lingkup Provinsi NTB ini, memfokuskan pada upaya peningkatan sumber daya manusia ASN bidang kehumasan melalui  kompetensi penulisan sambutan, penulisan rilis serta tehnik pengambilan photo.

Sekda yang didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Setda. Prov. NTB H. Irnadi Kusuma,M.E dalam sambutannya lebih banyak berbagi kiat dan pengalamannya dalam melaksanakan tupoksi kehumasan. "Sebagai seorang penulis sambutan maupun penulis rilis harus selalu memperkaya pengetahuan dengan gemar membaca. Selain itu, latihan dan pengalaman juga menjadi penting, dari pengalaman yang banyak dengan sendirinya akan meningkatkan pengetahuan," ujar Sekda.

Ketika membuat sambutan kepala daerah, seorang penulis harus mampu membawa diri sebagai seorang kepala daerah dan memahami karakter kepala daerahnya. Sedangkan untuk penulis rilis, khususnya di OPD tehnis, harus lebih cermat memperhatikan data yang pasti, tidak boleh ada multi interpretation didalamya, tambah Rosiady.

Dikhir sambutan, Rosiady mengajak seluruh peserta bimtek untuk membudayakan membaca dan menulis, khususnya berbekal dari pengetahuan dan informasi yang sering diperoleh ketika membuat sambutan kepala daerah. " Jangan khawatir akan jelekny tulisan, karena apapun tulisan kita, pasti akan ada pembelajaran dari masukan dan kritikan yang kita dapat setelah tulisan kita dibaca oleh orang lain," tutup Rosiady berbagi pengalamannya yang juga sebagai seorang penulis.


Dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Humas dan Protokol Setda. Prov. NTB H. Irnadi Kusuma, M.E menyampaikan bahwa bimtek yang dilaksanakan sejak hari rabu (14/2) alhamdulillah dapat ditutup pada hari kamis (15/2) dan telah memberikan output yang sangat positif bagi pribadi peserta maupun biro humas dan protokol setda Prov NTB sebagai penyelenggara. Peningkatan kemampuan dan pemahaman praktis terkait tupoksi kehumasan serta rumusan kesepakatan bersama yang akan memperkuat kerjasama kehumasan se-NTB dalam ikhtiar mendorong pengabdian terbaik bagi  pembangunan di NTB secara umum. “Insya Allah sudah kita wujudkan dari bimtek ini,” pungkas Irnadi. (RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close