Breaking News

Puncak Latnister, Babinsa Kodim 1615/Lotim Aplikasikan Tiga Metode Binter

Babinsa Membersihkan Selokan Bagian Dari Puncak Kegiatan Latnister

Lombok Timur (postkotantb.com)- Guna menuntaskan metode latihan dalam latihan tehnis teritorial (Latnister) yang diselenggarakan oleh Kodim 1615/Lotim terhadap 221 orang Babinsanya maka dilaksanakan aplikasi lapangan atas teori-teori yang telah dibekalkan pada hari-hari sebelumnya. Seperti diketahui bahwa dalam pembinaan teritorial dilakukan dengan 3 metode yang dikenal dengan Metode Binter, antara lain Bhakti TNI, Komunikasi Sosial (Komsos) dan Pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwanwil).

Memuncaki kegiatan Latnister Kodim 1615/Lotim maka hari ini sebanyak 171 orang Babinsa aplikasi Bhakti TNI dengan melaksanakan karya bhakti di Dusun Labu Aji Desa Lb. Haji Kec. Labuhan Haji dengan sasaran pembersihan Bahu jalan dan saluran drainase panjang 400 M, 25 orang Babinsa melaksanakan aplikasi Komunikasi Sosial (Komsos) dengan melakukan praktek komunikasi dalam rangka pengumpulan data teritorial (Puldata Ter) dari para Muspika, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Kec. Lb.Haji, Kab.Lotim, dan sebanyak 25 orang Babinsa aplikasi Pembinaan Perlawanan Wilayah (Binwanwil) dengan melaksanakan Pembinaan Rakyat Terlatih (Binratih) dan pembekalan wawasan kebangsaan (Wasbang) terhadap 40 orang Mahasiswa Akademi Ilmu Pelayaran (AIP) Nusantara di Ds. Lb.Haji, Kec. Lb.Haji Kab. Lotim.

Dalam pelaksanaan aplikasi lapangan ini para Babinsa tidak hanya melaksanakan kegiatan yang telah disiapkan melainkan mereka juga ikut melakukan proses perencanaan dan persiapan, dengan harapan agar kedepan mereka MAMPU merencanakan dan menyelenggarakan berbagai kegiatan Binter di wilayah binaan masing-masing secara mandiri. "Disini mereka tidak hanya datang untuk melaksanakan, tapi mereka juga ikut serta melakukan proses perencanaan, komunikasi, koordinasi, peninjauan dsb agar mereka nantinya bisa melakukannya di wilayah binaan masing-masing secara mandiri, karena mereka kan setara dengan Kepala Desa atau Lurah", terang Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Agus Setiandar, S.I.P. Dia juga menyampaikan harapan semoga Latnister kali ini mencapai sasaran yang diharapkan, dalam arti bahwa para Babinsa mampu melaksanakan tugas dilapangan dengan baik, lancar dan berhasil sehingga tercipta suatu tatanan masyarakat yang tentram, aman dan damai guna mendukung proses pembangunan daerah.

Terkait dengan upaya peningkatan kemampuan Binter para Babinsanya, Dandim 1615/Lotim juga merencanakan kegiatan Lomba Babinsa Teladan yang akan dilakukan setiap akhir triwulan guna memacu dan memotivasi para Babinsa untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga selain mampu melaksanakan tugas-tugas Binter dengan berhasil, juga mampu tampil sebagai teladan bagi warganya di wilayah.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close