Breaking News

Kawasan Tiga Gili Tetap Jadi Primadona Wisatawan Lokal Dan Asing

Pelabuhan Bangsal, KLU

Lombok Utara (Postkotantb.com)- Kabupaten Lombok Utara memiliki destinasi wisata andalan yang sangat terkenal sampai ke mancanegara yakni tiga gili (gili trawangan, gili air dan gili meno). Wisata tiga gili sampai saat ini tetap menjadi salah satu andalan pemda KLU dalam mendongkrak PAD. Kondisi itu terlihat dengan kawasan ini tetap menjadi pilihan utama disamping kawasan wisata yang lain yang ada di NTB, yang didukung oleh pemandangan laut, batu karang, diving dan kearifan lokal yang ada di tiga gili dan sangat berbeda dengan wisata lain yang ada di Indonesia ditambah dengan keramahan penduduk lokal setempat, dibuktikan dengan tidak ada terjadi kriminalitas seperti pembegalan kepada tamu-tamu asing. Hal ini didukung oleh kerjasama pihak dinas pariwisata dan semua stick holder untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan yang datang berlibur ungkap Kepala Kesyahbandaran Pelabuhan Bangsal mahdi.

Dikatakan mahdi, Intensitas jumlah pengunjung wisata tiga gili dari bulan januari sampai dengan bulan april masih relatif stabil. setiap harinya, pengunjung wisata tiga gili merupakan wisatawan lokal dan mancanegara. intensitas pengunjung dapat diketahui dari jumlah kapal penyebrangan/boat menuju tiga gili.

“Jumlah kunjungan wisatawan ke gili saat ini masih stabil, belum ada peningkatan yang signifikan,” terangnya.

lebih lanjut Mahdi menerangkan, bahwa saat ini jumlah boat/kapal yang dimiliki oleh koperasi yang dikelola oleh pemerintah desa mencapai 50 unit. Dimana setiap harinya beroperasi sampai dengan jam 17.00 Wita, dan yang paling sering berlayar adalah boat menuju ke gili trawangan.

Kapasitas boat kecil, lanjutnya, daya muatnya hanya 4 atau 5 orang saja. Rata-rata per tiga bulan sejak Januari hingga Maret, jumlah pengunjung di tiga gili mencapai kurang lebih 1.500 orang. hanya saja tugas kesyahbandaran tidak mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke tiga gili tersebut karena itu merupakan domain dinas pariwisata kabupaten Lombok utara.

Mahdi menjelaskan, kenaikan jumlah wisatawan ke tiga gili biasanya terjadi setiap hari sabtu dan minggu (weekend) serta pada hari-hari besar (libur). Untuk saat ini, kunjungan wisatawan ke tiga gili masih belum mengalami kenaikan atau penurunan dan tetap stabil. kenaikan jumlah wisatawan mengunjungi tiga gili biasanya terjadi pada awal Agustus ketika masa libur panjang.

Pantauan Post Kota NTB di kawasan pelabuhan bangsal senin, (16/4), suasana penyeberangan menuju tiga gili terlihat normal. (Daniel hasibuan)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close