Breaking News

Menakar peluang Zul Rohmi lewat strategi blusukan day by day

Oleh : Bambang Mei F / Didu 


Mataram (postkotantb.com)- Ibarat  bercocok tanam, apa yang dilakukan oleh Zul-Rohmi hari ini  menganut falsafah itu, seperti menyemai, merawat dan petik hasil. Menyemai bibit padanannya adalah gerakan day by day Zul Rohmi ataupun relawannya menemui konstituen dari titik ke titik secara cepat.

Hal ini dimaknai sebagai upaya memperbanyak kontak konstituen di setiap wilayah sebagai bagian operasi teritorial untuk mengenal lebih awal para calon pemilih Zul Rohmi. 

Ibarat deret hitung politik, maka yang dilakukan oleh Zul Rohmi secara kecil kecilan ini menemui titik-titik pemilihnya ingin menegaskan sikap bahwa rakyat haruslah didatangi dan didengarkan kehendaknya oleh calon yang akan ia pilih. 

Pola gerakan day by day seperti ini dari  sisi ilmu komunikasi memiliki implikasi yakni saban hari Zul-Rohmi tetap diperbincangkan di basis, minimal disetiap tempat yang dia kunjungi. Perbincangan dimasyarakat bawah karakteristiknya yang utama adalah mudah menyebar jika ada hal hal yang tidak biasa yang terjadi di wilayah tersebut. Maka dari sisi tindakan pragmatis, apa yang dilakukan oleh Zul Rohmi,  selain ingin meraih persepsi pemilih juga agar menjadi perbincangan di basis basis rakyat tersebut. Inilah yang dimaksudkan sebagai deret hitung dalam konteks resonansi perbincangan yang tinggal dikalikan kelipatannya. 

Sementara itu, dalam konteks strategi politik tentu semua Paslon punya variasi tersendiri dlm mendesign metode pendekatan ke basis pemilih. Hal ini untuk memastikan segala gerakan dalam meraih simpati pemilih yang bisa terpastikan dan terverifikasi  secara akurat populasi dukungannya . 

Zul-Rohmi dengan pola blusukan atau apapun istilahnya,  ingin memberikan pesan bahwa gerakan harian temu konstituen day by day tersebut sebagai bentuk tanggungjawab moral dan politik untuk mengintertain ( baca: memanusiakan ) pemilihnya dari berbagai strata sosial. Pada akhirnya saat  ini Zul-Rohmi tidak boleh dipandang lemah karena faktanya Paslon ini lebih sering jalan dan bergerak membuka jejaring pemilih secara all out. 

Saat ini di H - 70 hari jelang 27 Juni, sudah ratusan titik yang telah dijelajahi oleh ZR maupun relawannya yg bergerak secara mandiri dan simultan tersebut. Tentu sudah ada data base pemilih tsb yakni by name, by adress ataupun by phone yang dimiliki oleh ZR.  Yang penting  what next to do ? 

Merawat konstituen

Demikian pula dengan konstituen, setelah berkenalan, bersilaturahmi, berdialog, dll tentu harus ada yang menjaga dan membesarkan hatinya para pemilih yang telah dikunjungi tersebut. Maka apa yang dilakukan oleh Zul-Rohmi dengan mengadakan rolling kunjungan ke basis konstituen disetiap kabupaten/kota di NTB sebagai bagian menjaga semangat dan perhatian kepada pemilihnya. 

Selain itu menjadi tanggungjawab relawan Zul-Rohmi ataupun Partai Pengusung untuk menjaga agregasi yg telah dilakukan Zul-Rohmi agar tetap solid basis basis konstituen tersebut. Suatu pekerjaan yg tidak mudah dilakukan oleh Komponen Zul-Rohmi ditengah persaingan dengan Paslon lain yang dipandang lebih memiliki kedigdayaan. Zul-Rohmi dipandang paket Underdogs ditambah lagi dengan hasil survey lembaga Nasional yang tetap menempatkan Zul Rohmi diposisi terakhir.

Sebagai info pembanding, hasil survey tersebut  menjadi second opini tapi juga tidak boleh terlalu diyakini kebenarannya 100 persen. Karena  survey itu hanya tools yakni salah satu alat untuk melihat persepsi pemilih terhadap Paslon pada waktu itu, bukan menentukan perolehan suara di TPS. 

Dalam konteks ini tentu dengan sisa 70 hari ini maka apapun bisa terjadi dlm meraih dukungan pemilih. Pun demikian dengan Zul-Rohmi bukan tidak mungkin meraih succes glory di Pilgub NTB ini.

Dengan pola gerakan blusukan seperti ini setidaknya Zul-Rohmi telah memiliki jejaring pemilih yang makin banyak dan menyebar yang teridentifikasi secara pasti wilayahnya. Tentu pada akhirnya akan memudahkan proses komunikasi dan konsolidasinya . 

Peran strategis TGB

Tandem politik atau vote Getter Zul-Rohmi yang ditunggu khalayak adalah turunnya TGB dalam memback up Zul-Rohmi di basis konstituen lewat pendekatan safari dakwah dan  pengajian ala TGB.

Memori publikpun tentu tak lupa pada Pilgub NTB 2008 saat TGB maju dalam konstestasi itu dan  menang mengalahkan petahana. Padahal saat itu TGB sebagai pendatang baru, hampir tidak diunggulkan. Tapi realitasnya justru TGB mengalahkan calon kuat saat itu yakni paket Serius, Serinata -Husni Djibril. 

Apa yang diukir TGB sepuluh tahun lalu,  agaknya mengilhami Zul-Rohmi untuk meraih kemenangan serupa.Dengan berbagai strategi dan pendekatan ke konstituen, Zul Rohmi bergerak dan terus mendatangi pemilihnya tanpa jeda. Zul Rohmi sadar bahwa sebagai new comer harus membuktikan kapasitasnya sebagai petarung politik yang tangguh.

Sementara itu terlepas dari berbagai ikhtiar yang sudah dilakukan Zul Rohmi, secara power politik dan kekuatan massa,  brand TGB masih  dipandang memiliki  magnet kuat  dalam merekatkan pemilih  mendukung Zul Rohmi. Energi dan aura TGB bisa menambah energizer atau daya laju kekuatan Zul Rohmi meraih simpati dan dukungan publik.

Permasalahannya adalah, kapan TGB akan turun gelanggang bela  Zul Rohmi?. Jika TGB turun dalam palagan Pilgub NTB  bisa dipastikan  secara otomatis dapat mendongkrak elektabilitas Zul Rohmi. Konsekwensi lainnya yakni  naiknya  intensitas  dinamika politik Pilgub NTB.  Paslon lain pasti  tidak ingin dipecundangi atau kalah telak oleh Zul Rohmi. Disinilah publik akan disuguhi permainan cantik para Paslon lewat strategi dan taktik politik yang tidak biasa. 

Terkait perubahan konstelasi politik itu,  paslon lain saat ini sedang menunggu kepastian,  apakah TGB akan  all out back up Zul Rohmi ataukah ada taktik lain yang akan dimainkan oleh Zul Rohmi di babak  injuri time. (***)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close