Breaking News

Pemprov NTB Tetapkan Peningkatan IPM Menjadi Program Unggulan RPJMD

Peningkatan IPM menjadi perioritas utama RPJMD tahun 2018-2023

Mataram (postkotantb.com)- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang di gelar oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menetapkan arah pembangunan dalam lima tahun kedepan. Salah satu program unggulan yang akan di genjot adalah perbaikan Indeks Prestasi Manusia (IPM).

Dalam Musrenbang tersebut di umumkan IPM NTB naik empat peringkat ke posisi 29 dari 34 provinsi di Indonesia. Kesuksesan mendongrak IPM NTB akan makin di genjot. Pemrov NTB sendiri menargetkan IPM NTB dalam lima tahun kedepan akan terkatrol dan berada di kisaran 25.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda NTB) akan meluncurkan sejumlah inovasi untuk mendongkrak IPM NTB. Selain meningkatkan angka harapan hidup, peningkatan pendidikan minimal 12 tahun, serta peningkatan kesehatan dan pendapatan perkapita juga akan menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ridwansyah saat menggelar jumpa pers di ruang rapat utama kantor gubernur NTB, Selasa (17/4) menjelaskan, peningkatan posisi IPM NTB tidak terlepas dari kerjasama semua pihak. Meski demikian untuk memenuhi target posisi IPM yang lebih baik lagi menurut Ridwansyah perlu kerja keras dan kerjasama semua elemen.
"RPJMD kita akan fokus pada peningkatan IPM, sekarang IPM kita sudah naik empat peringkat, ini suatu hal yang luar biasa, kita akan terus genjot minimal IPM kita nanti bisa di posisi 25," ungkapnya.

Sementara untuk angka kemiskinan dan pengangguran, masih tersisa sekitar 15 persen. Rata-rata penurunan angka kemiskinan pertahun mencapai 1 persen. Pemprov NTB sendiri mengakui penurunan angka kemiskinan menjadi pekerjaan rumah terberat dalam pemerintahan TGB-Amin.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close