Breaking News

Gubernur NTB Sebut Kesiapan Spiritual Dan Optimismes Kunci Hadapi Revolusi Industri


Mataram (postkotantb.com)- Spiritualitas dan optimisme merupakan modal dasar yang harus ada dalam diri setiap anak bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan zaman, termasuk revolusi industri. Spiritualitas adalah karakter dari manusia nusantara. Spiritualitas ini sama dengan religiusitas, yang berarti dalam diri tiap-tiap manusia, terdapat kesadaran bahwa dirinya adalah mahluk Allah dan bahwa kekuatan utama  dalam melaksanakan semua transformasi sosial adalah kekuatan dari allah SWT. Spiritualitas yang terbangun dan selalu terjaga ini, kemudian akan memunculkan rasa optimisme. Demikian penjelasan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH.M. Zainul Majdi saat menyampaikan kuliah umum dengan tema “Daya Saing Bangsa di Era Revolusi Industry 4.0, di Universitas Serang Raya, Kota Serang, Banten, Jumat (4/5) pagi.  

Di hadapan seluruh civitas akademika Unsera Banten, Gubernur Tuan Guru Bajang (TGB) mengungkapkan kesadaran akan pentingnya spiritualitas dalam membangun sebuah peradaban telah ada pada diri para pendiri bangsa. Hal itu tercermin saat perumusan Pancasila, saat Ketuhanan Yang Maha Esa diletakkan dalam sila yang pertama. Jika ingin membangun Indonesia lanjutnya, maka harus dibangun dulu spiritualnya. Dengan keyakinan dan menyerahkan semuanya kepada yang Maha Kuasa,  TGB yakin akan memunculkan sikap optimis bahwa kita mampu menghadapi kehidupan dan perubahan apapun itu. 

Di samping kedua unsur tersebut, hal lain yang harus disiapkan agar dapat survive pada era revolusi industri menurut TGB adalah kesiapan dan kemampuan membangun jejaring seluas-luasnya, termasuk upaya menciptakan tradisi kerja bersama. Demikian juga kemampuan dalam memahami data, teknologi dan kemampuan membangun hubungan sosial yang baik, yang disebutnya sebagai literasi kolektif. 

“Kalau kita punya literasi yang memadai maka kita akan paham terhadap apa yang terjadi di sekitar kita, termasuk paham akan perubahan sosial dan perkembangan ekonomi dunia," jelas TGB.
Demi menyongsong revolusi industri sebagai anak bangsa, kata Gubernur, juga harus memiliki sikap-sikap baik seperti kedisiplinan, jujur, dan berintegritas.

”Jika kita punya ilmu yang banyak, kesiapan mental yang kuat, maka kita akan biSa bertahan dalam era revolusi indiustri ini,” tegasnya.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close