Breaking News

Menpan RB Apresiasi Inovasi Yang Dilakukan Ditlantas Polda NTB

Menpan RB Asman Abnur Meninjau Stand Milik Ditlantas Polda NTB

Mataram (postkotantb.com)- Kenaikan level Polda NTB menjadi Tipe A telah disambut oleh Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat. Sejak Oktober 2017 telah berbagai inovasi dilakukan. Berbagai hal hal yang telah dilaksanakan adalah diantaranya adalah:


1. Mulai dari kontrol Tupoksi yang ketat kepada Satlantas se Jajaran Ditlantas Polda NTB.
2. Pelibatan masyarakat dalam kampanye Keselamatan melalui Lomba Film Pendek yang diikuti oleh 44 Peserta,
3. Program TRAMPOLIN (Traffic Moeslim Police Indonesia), yang bertujuan untuk melakukan pendekatan ke masyarakat melalui wadah kegiatan keislaman seperti Lomba Dakwah Keselamatan, Polisi Keamanan Santri (PKS), pelatihan Khatib Jum'at, Pelatihan penanganan jenazah, kerjasama dengan MUI dan UIN Mataram, dan kegiatan lainnya.
4. Program PAHALA, yaitu singkatan dari Pelayanan Bahari Lalu Lintas. Sebuah Inovasi layanan khusus bidang registrasi dan identifikasi, yang dirangkai dengan kegiatan penyuluhan hukum, pengobatan gratis, pelayanan samsat kendaraan, serta lainnya. Fokus target program PAHALA adalah di pesisir pantai, pulau terluar, dan daerah terpencil.
5. Inovasi layanan di Regident melalui Program one Day Service, STNK Delivery, SIM Delivery, SIMADE atau SIM Masuk Desa, penyediaan taman bermain di semua Satpas SIM se Satlantas Jajaran Ditlantas Polda NTB, ruang edukasi keselamatan, dan penyediaan sarana bagi penyandang disabilitas di setiap kantor layanan Ditlantas Polda NTB.
6. Inovasi melalui Teknologi informasi, yaitu dengan adanya Aplikasi RC Polda NTB, sebuah aplikasi untuk layanan STNK dan SIM berbasis mobile, kemudian aplikasi Zebra Gatarin, aplikasi untuk support informasi RTMC dengan berbasis Citizen Jurnalism atau Jurnalisme Warga,  CCTV online untuk Lokasi-lokasi penting.
7. Optimalisasi penggunaan media sosial dan media online untuk memberikan kabar kabar penting kepada masyarakat. Melalui akun resmi Ditlantas Polda NTB dan RTMC Ditlantas Polda NTB di Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dan melalui website resmi www.ditlantas.ntb.polri.go.id.


Menurut Direktur Lalu Lintas Polda NTB KBP Arman Achdiat, S.IK.M.Si yang ditemui di arena Pameran Inovasi Pelayanan Polda NTB, Jum'at, (11/5). Berbagai inovasi tersebut dilaksanakan untuk memudahkan masyarakat dalam menerima berbagai layanan dari Ditlantas Polda NTB. "seperti di layanan Regiden, bekerjasama dengan Bapenda NTB dan PT Jasa Raharja (Persero), kami menggelar program PAHALA, SIM Masuk Desa (SIMADE), Trampolin (Traffic Moeslim Police Indonesia), dan juga pemanfaatan teknologi informasi untuk inovasi layanan lewat RC Polda NTB maupun aplikasi Zebra Gatarin untuk informasi RTMC" tambah Aa' Arman, biasa Beliau di panggil.


MenPAN RB dalam kunjungannya ke Stand Ditlantas Polda NTB mengapresiasi berbagai inovasi yang telah dilaksanakan oleh Ditlantas Polda NTB. "tolong sampaikan ke Pemda, agar CCTV ditambahkan untuk layanan terbaik untuk masyarakat" candanya kepada Sekda Provinsi NTB yang menemaninya saat berkunjung ke stand Ditlantas Polda NTB.


Berbagai informasi tentang inovasi ditampilkan dalam pameran tersebut. Bersama para Direktorat lainnya di lingkup Polda NTB serta Polres se Jajaran Polda NTB, menampilkan kesiapan setiap stakeholders Polda NTB menyambut kenaikan level Polda menjadi Tipe A.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close