Breaking News

Diduga Keracunan Gas Dan Kekurangan Oxygen Tujuh Penambang Liar Disekotong Tewas


Lombok Barat (postkotantb.com)- Sedikitnya tujuh penambang ilegal yang sedang menggali lubang di tambang emas rakyat yang berlokasi di Dusun Soge Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, Selasa 19 juni tewas akibat keracunan gas dan kekurangan oxygen karena pembakaran ban bekas di areal lubang tambang. 

Menurut informasi dari Kabid Humas Polda NTB, pada hari Selasa tanggal 19 Juni 2018 pukul 11.00 WITA telah dievakuasi  sejumlah penambang ilegal dari lokasi tambang/lobang yang berada di Gunung Suge Dusun Slodong Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok barat.

Korban dievakuasi dan di bawa ke Puskesmas Sekotong menggunakan mobil milik masyarakat setempat, korban diperkirakan mencapai 13 orang dengan rincian 7 orang meninggal dunia dan 6 orang selamat. Setelah dilakukan pemeriksaan sementara oleh pihak puskesmas Sekotong, pihak keluarga korban mendesak pihak puskesmas dan pihak kepolisian agar korban segera dipulangkan untuk segera di makamkan serta pihak keluarga korban menolak dilakukan otopsi (tindakan medis lebih lanjut).

Dari hasil pemeriksaan sementara dari Puskesmas Sekotong bahwa meninggalnya korban diduga akibat keracunan gas yang mengakibatkan korban kekurangan oxigen, sementara untuk luka-luka akibat kekerasan ditubuh korban tidak ditemukan.

Adapun kronologis kejadian tersebut yakni seluruh korban merupakan satu kelompok penambang ilegal yang biasa melakukan proses penambangan (mencari emas) didalam lobang yang sudah tidak bertuan/telah ditinggalkan oleh pemiliknya. Seluruh korban mulai melakukan proses penambangan masuk kedalam lobang pada hari Senin tanggal 18 Juni 2018 sekitar pukul 20.00 WITA. 

Dalam proses penambangan dirasakan adanya bau asap (barang terbakar), karena dalamnya lobang mencapai sekitar 200 meter beberapa korban tidak bisa menyelamatkan diri dan meninggal akibat sesak nafas/kekurangan oxigen, diperkirakan asal asap dari lobang lain karena antara satu lobang dengan lobang lainnya bersambungan.

Adapun identitas korban yakni, untuk korban selamat : 

1. Donk alamat Dusun Blongas Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lobar.

2. Suhirman alamat Slodong Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lobar.

3. Rudini 28thn, alamat Lekong Jae Desa Serage Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Loteng.

4. Munter als Gonjok 35thn, alamat Dusun Lekong Jae Desa Serage Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Loteng.

5. Sukardi, 40 thn, alamat Dusun Sauh Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lobar

6. Basri, 30thn alamat Dusun Sauh Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabuaten Lobar

Korban meninggal dunia

1. Supar, 45 thn, alamat Dusun Banyumulek Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lobar.

2. Judin, 35 tahun, alamat Dusun Blongas Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lobar.

3. Wildan, 30 thn, alamat Dusun Slodong Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lobar.

4. Nuri, 35 thn, alamat Dusun Selodong Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lobar.

5. Sulaiman , 28 thn alamat Dusun Sauh Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lobar.

6. Ramli, 28 thn alamat Dusun Sauh Desa Buwun Mas,  Kecamatan Sekotong Kabupaten Lobar.

7. Sahdan/Kentung, 40 thn alamat Dusun Lekong Jae Desa Serage, Kecamatan Sekotong KabupatenLobar.

Aparat kepolisian sendiri telah melakukan evakuasi terhadap korban, melakukan olah TKP, mengidentifikasi korban dan meminta keterangan Saksi.

Sementara Kepala Desa Buwun Mas,Rohidi,S.Ip menyatakan bahwa jumlah korban bisa jadi akan bertambah,dan sudah melakukan koordinasi dengan Basarnas untuk membantu evakuasi korban yang masih tersisa.

"Untuk pemulangan jenazah korban yang sebagian besar adalah warga desa Buwun Mas, kami tunggu hasil pemeriksaan dari puskesmas dulu, setelah itu kami akan koordinasi dengan keluarga korban untuk proses pemakamannya," paparnya.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close