Breaking News

Rinjani Longsor,524 Pendaki Terjebak, Satu Pendaki Meninggal Dunia

Tampak gapura pendakian ke Gunung Rinjani Roboh Akibat Gempa
Lombok Timur (postkotantb.com)- Longsor yang terjadi di Km 10 Gunung Rinjani akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 SR membuat jalur pendakian tertutup. Ratusan pendaki yang masih berada di Km 10 Pelawangan terjebak dan tidak bisa turun. Satu pendaki mahasiswa asal Makasar meninggal dunia. 

Upaya evakuasi para pendaki segera di lakukan. Tim Sar bersama dengan BPBD NTB dan Forkompimda menggelar rapat rencana evakuasi terhadap ratusan pendaki yang terdiri dari 358 orang pendaki warga negara asing dan 166 WNI ini. 

Sesuai rencana, evakuasi akan dimulai dari sembalun pukul 08.00 wita dengan melibatkan team Basarnas, TNI-Polri,Porter dan Team Medis. Sebelumnya bertempat di Balenta Sembalun Outdoor Desa Sembalun Kecamatan Sembalun Kabupaten Lotim telah dilakukan pengecekan di Buku Register pengunjung Gunung Rinjani yang dilakukan petugas TNGR dengan hasil perhitungan total dari petugas TNGR sebanyak 524 orang (WNA 358 orang  +  WNI 166 orang): 

Pada hari Senin tgl 30 Juli 2018 akan dilakukan evakuasi dari TNI, Polri, para Relawan terhadap pengunjung yang masih terperangkap di atas Gunung Rinjani, yang terperangkap sekitar 500 orang (di Danau Segara Anak dan Pelawangan). Dikarenakan terjadi Longsor yang menutupi akses jalan untuk turun ke bawah. 

Di Posko bersama telah tergabung pasukan TNI, Polri, TNGR, Tim Kesehatan RS Kota Mataram 4 orang, Blue Island Medical.Klinik 7 orang, RS Unram 3 orang, Dinas Kesehatan Provinsi 3 orang, Relawan-relawan dan hari ini akan mendirikan Pos Kesehatan di Pos II. 

Dari keterangan pengunjung yang sudah turun Gunung Rinjani, di atas terperangkap sekitar 500 orang (di Danau Segara Anak dan Pelawangan). Dikarenakan terjadi Longsor yang menutupi akses jalan untuk turun ke bawah. 

Sementara terhitung hari Minggu tgl 29 Juli 2018 pendakian  Gunung Rinjani ditutup, dan selanjutnya pada hari ini Senin (30/7) akan dilakukan evakuasi dari TNI, Polri, para Relawan terhadap pengunjung yang masih terperangkap di atas Gunung Rinjani.(RZ) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close