Breaking News

Sekda NTB Minta Agar Pendaki Menjaga Kebersihan Rinjani

Sekda NTB meminta agar semua pihak menjaga kebersihan Rinjani 

Mataram (postkotantb.com)- Geopark Rinjani telah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark. Itu artinya, Rinjani tidak hanya menjadi kekayaan nasional, namun sudah menjadi kekayaan dunia. Karena itu, Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. Rosyadi H. Sayuti, M. Sc, Ph. D saat membuka Seminar Geowisata IAGI-NUSRA di Aruna Senggigi Resort and Convention, Rabu (18/7/18), meminta seluruh pihak untuk menjaga, baik itu kebersihan lingkungan maupun kemanfaatannya bagi kesejahteraan masyarakat.

"Rinjani akan menjadi lebih terkenal lagi dengan adanya sosialisasi yang dilakukan UNESCO yang berdampak pada banyaknya wisatawan asing dan lokal yang datang ke Rinjani geopark. Saya minta pengelola Geopark bekerjasama dengan taman nasional Gunung Rinjani mengantisipasi banyaknya pengunjung agar tidak menimbulkan hal-hal yang nantinya merusak ataupun merugikan ekosistem disana,” Tegas Sekda di hadapan peserta Seminar yang mengambil tema "Geowisata untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat lokal dan pariwisata berkelanjutan" tersebut.

Karena itu, Sekda yang akrab disapa Pak Ros itu juga mengajak semua pihak untuk ikut bertanggung-jawab atas peningkatan kemanfaatan ekonomi bagi masyarakat di daerah kita.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum IAGI, Sukmandaru Prihatmoko menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan wadah dalam menampung pemikiran untuk pengembangan Geowisata di NTB dan di Indonesia pada umumnya.

"IAGI memiliki program untuk mendorong pengembangan Geowisata di Indonesia. Kami melihat bahwa Geowisata ini bisa menjadi pilar yang sangat bermanfaat tidak hanya untuk para geolog tapi juga untuk semua pemangku kepentingan di Indonesia," ucapnya.

Ketua Panitia, Iwan mulia Septeriansyah melaporkan bahwa seminar Geowisata yang diselenggarakan oleh Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Provinsi NTB bertujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan geologi umum memberikan pemahaman pada peserta tentang konsep geowisata yang berwawasan lingkungan, mendukung pemerintah dalam mengembangkan pariwisata dan mendukung pengembangan industri kreatif dan wirausaha baru di kelompok masyarakat.

Adapun peserta seminar berasal dari mahasiswa bidang ilmu kebumian, pemerhati Geowisata, operator perjalanan wisata, serta perwakilan dari beberapa Geopark nasional di Indonesia.

Selanjutnya Sekda bersama Ketua Umum IAGI dan Ketua Pengurus Daerah IAGI NTB menyerahkan sertifikat Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark kepada 5 Bupati/Walikota di NTB diantaranya Walikota Mataram, Bupati Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara dan Lombok Tengah.

Acara dilanjutkan dengan seminar Geowisata yang menghadirkan 5 narasumber yaitu Prof. Dato Ibrahim Komoo, Sukmandaru Prihatmoko, Ir. Hanang Samodra, M.Sc, Ir. Sugeng Handoko dan dari Kementerian Pariwisata.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close