Breaking News

IKA Unram salurkan bantuan kemanusiaan untuk Korban Gempa



Mataram (postkotantb.com)- sebagai wujud pengamalan nilai-nilai  tri darma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat, Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Mataram (PP IKA Unram) berserta IKA Unram Jawa Timur dan Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri ( Himpuni) mengadakan Bhakti sosial dan pemberian sumbangan kepada korban gempa dipuluhan titik di Lombok barat maupun KLU sejak Sabtu ( 11/8).

Ketiga Lembaga tersebut mendatangi para korban gempa guna menyerahkan sejumlah sumbangan seperti biskuit, terpal , susu bayi, pempers, pembalut wanita, nasi bungkus, dll. Hingga Jumat (17/8), IKA Unram sudah menyerahkan donasi untuk korban gempa di 25 titik  baik dilombok barat maupun KLU.

Sekretaris Umum PP IKA Unram, Drs Cukup Wibowo MMPd mengatakan bhakti sosial yang dilakukan IKA Unram sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan atas tragedi kemanusiaan yang menimpa warga Lombok umumnya dan masyarakat Lombok Utara pada khususnya. Dampak maupun ekskalasi yang ditimbulkan bencana gempa tersebut begitu dahsyat dan menggetarkan.

" Sebagai wujud keprihatinan bersama, PP IKA Unram akan tetap menggalang bantuan kemanusiaan untuk warga Lombok yang terdampak," ujar Cukup Wibowo disela-sela menyerahkan paket bantuan gempa di desa Sesela, kecamatan Gunung Sari, Kamis sore (16/8).
Cukup menambahkan hingga saat ini IKA Unram setiap hari akan menyerahkan bantuan korban gempa ketitik-titik pengungsi yang luput dari donasi pihak lain. IKA Unram pun menyadari karena luasnya wilayah kerusakan daerah  gempa tidak mudah menyalurkan bantuan kemanusiaan.

" Disinilah peran penting relawan kemanusiaan memback up sisi yang belum dijamah oleh bantuan pemerintah daerah," bebernya.

Diakui Cukup bahwa IKA Unram tidak mungkin bisa mengcover semua kebutuhan hidup para pengungsi. Meskipun demikian, IKA Unram akan tetap concern dan peduli terhadap penderitaan korban gempa. "Insya Alloh IKA Unram akan tetap menyalurkan bantuan ini secara adil," tukasnya.


Donasi Himpuni dan IkA Unram Jatim
Sementara itu Bendahara Umum PP IKA Unram Nasiva menginfokan hingga saat ini pihaknya sudah membelanjakan bantuan korban gempa dalam bentuk barang dan makanan hampir 30 jutaan yang bersumber dari Kas PP IKA Unram Himpuni dan IKA Unram Jatim. "Pendek kata pengurus IKA Unram akan tetap mendistribusikan bantuan gempa ini dalam tempo yang tidak ditentukan," tambah Nasiva.

Diapun menambahkan IKA Unram dibawah komando Ketum PP IKA Unram  Sirra Prayuna kelak apa yang sudah dilakukan IKA Unram ini bisa menjadi spirit atau penyemangat organisasi alumni lain untuk bergerak meringankan derita warga KLU. " IKA Unram mendorong para donatur lainnya membantu sesama  yang tertimpa musibah ini agar bisa segera pulih kehidupannya," imbuhnya.

Sementara itu pengurus PP IKA Unram lain seperti Amri Nuryadi, Lahmudin maupun Lalu Athari Fathullah mengimbau agar para pedagang tidak menaikkan harga untuk kebutuhan para pengungsi seperti terpal, tenda ataupun makanan. "Kami menemukan indikasi ada kenaikkan harga barang yang tidak wajar," ujar Amri Nuryadi yang juga seorang lawyer muda.


Untuk itu IKA Unram, lanjut Lahmudin mengajak para pedagang untuk berempati terhadap bencana ini dengan cara tidak menaikkan harga barang  kebutuhan untuk pengungsi secara sepihak. "Masyarakat pasti akan mencatat setiap perilaku pedagang yang ambil untung tidak wajar disaat bencana," pungkasnya. (Eka)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close