Breaking News

Pipa PDAM di KLU segera diperbaiki agar pasokan air bersih normal



Mataram (postkotantb.com)- Ketua Umum Badan Penanggulangan Bencana ( BAGUNA) DPP PDIP, Ribka Ciptaning mengatakan secara umum proses penanganan bencana gempa bumi di kabupaten Lombok Utara sudah berjalan dengan baik. Distribusi bantuan kemanusiaan oleh pemerintah dan relawan untuk para pengungsi sudah merata bahkan berlebihan. Aliran listrik disebagian wilayah sudah berjalan normal.

" Namun demikian, Pemda KLU perlu segera memulihkan jaringan pipa air PDAM yang rusak. Sementara itu  management pendistribusian  pasokan air bersih disejumlah titik konsentrasi pengungsi masih kurang maksimal," ujar Ribka Ciptaning usai melakukan peninjauan lapangan bersama Tim Baguna dan Pengurus DPC PDIP KLU kesejumlah titik pengungsi  Selasa ( 21/8).

Menurut Ribka, dari kunjungan lapangan tersebut, pihaknya  mendengar sejumlah  aspirasi para pengungsi di pemenang, tanjung, Gangga/Bentek dan Kayangan. Rata-rata para pengungsi mengeluhkan distribusi pasokan air bersih yang tidak merata dan tidak jelas jadwal pengirimannya. " Jika hal ini dibiarkan terlalu lama dan berlarut-larut akan menjadi preseden yang tidak baik bagi proses penanganan gempa KLU," ungkapnya didampingi ajudan dan staf ahlinya Ida Rappe dan Martamah.

Ribka menambahkan permasalahan air bersih di KLU tidak hanya terjadi pada saat gempa saja, tetapi jauh sebelum gempa  dibeberapa kawasan di Lombok Utara kesulitan mendapatkan akses air bersih apalagi jika musim kemarau tiba. " Untuk itu Pemda KLU dan stakeholder lain perlu paska tanggap darurat ini perlu  memikirkan secara serius ketersediaan jaringan pipanisasi  air bersih kesemua wilayah di Lombok Utara agar masyarakat mudah mengaksesnya untuk kebutuhan hidup sehari-hari," tambahnya.

Terkait aksi Bhakti sosial BAGUNA PDIP untuk korban di Lombok, Ribka Ciptaning  menambahkan bahwa Baguna Pusat menerapkan sistem rolling minimal maximal dua Minggu sekali masing-masing Baguna DPD PDIP luar NTB yang ditugaskan memback up menangani korban gempa di Lombok ini dengan berbagai layanan bantuan kemanusiaan, termasuk medis maupun trauma healing.

" Hari Kamis ini ( 23/8) ada tim Baguna dari Jawa Barat akan turun ke Lombok , setelah sebelumnya Baguna DKI membuka dapur umum di Tanjung KLU. Sementara Baguna DPD PDIP Jawa Timur masih membuka layanan dapur umum dan Medis di wilayah Pemenang," Kata Anggota DPR RI komisi 9 dari  fraksi PDI Perjuangan.

Dalam kunjungan k Lombok Utara ini Ribka Ciptaning yg didampingi Ketua DPC PDIP kota Mataram, I Wayan Sugiartha menyerahkan sejumlah paket bantuan dari Baguna disejumlah titik-pengungsi untuk bisa didistribusikan kepada yang berhak. Selain itu Baguna juga menyerahkan Bantuan Kemanusiaan lewat DPD PDIP NTB yang diwakili Edi Sukmono selaku penanggungjawab operasi kemanusiaan Baguna PDIP untuk Gempa Lombok.

" Untuk korban Gempa dipulau  Sumbawa, khususnya di kecamatan Alas,  Baguna PDIP  secepatnya akan turun," janji Ribka sembari menginformasikan Kamis ( 23/8) puluhan ibu-ibu/ isteri anggota DPR RI fraksi PDIP akan mengunjungi lokasi gempa dipimpin oleh Ibu Maria, isteri Sekjend PDIP Hasto Kristianto.



Doa dari Arofah untuk korban Gempa Lombok-Sumbawa


Terpisah Ketua DPD PDI NTB, H Rachmat Hidayat menyampaikan terima kasih atas kepedulian Baguna PDIP dalam membantu meringankan penderitaan warga korban gempa di Lombok. " Masyarakat korban gempa  tentu akan mencatat dan mengingat setiap niat baik yang dilakukan Baguna ini," katanya.


Selain itu Rachmat menginformasikan menteri agama RI mengajak  seluruh jamaah haji Indonesia juga  jamaah sedunia untuk mendoakan Lombok-Sumbawa  terhenti gempanya dan segera pulih. " Menteri Agama  mendoakan korban yg meninggal agar mati sahid," kata Rachmat mengutip  khotbah Mentri Agama RI saat  Wukuf di Padang Arofah.



Pemulihan Paska Gempa

Terkait pemulihan paska Gempa bumi 7 SR di Lombok Utara, Ketua DPC PDIP KLU, Raden Nuna Abriadi  masyarakat korban bencana di wilayah kec gangga dan kayangan hal yg paling mendesak adalah ketersediaan air bersih bagi kebutuhan yg paling primer.

"Banyaknya jaringan pipa air PDAM yg rusak untuk segera di bantu pengadaan pipa air buat  masyarakat desa.  Dan juga ada beberapa titik seperti di selengen,  boyotan sama sekali tidak  tersedia sumber air, utk jangka pendek agar Pemda  segera mengirimkan tandon tandon air untuk masarakat, dan membangun kembali tempat2 ibadah masarakat yg hancur," Tukas Raden Nuna.

Selain itu Raden Nuna Abriadi Berharap kepada pemerintah daerah KLU segera mengadakan rakor lengkap agar persoalan masyarakat yang belum tertangani bisa segera diselesaikan terutama menyangkut penanganan paska gempa dan keberlanjutan distribusi logistik untuk pengungsi agar lebih merata dan adil.

Raden Nuna menghimbau agar kepala  desa segera berkordinasi dengan para kadus dan RT  guna meng update data  dan informasi pengungsi.

" Untuk  masyarakat korban gempa  harus tetap kompak dan bersatu,  jangsn mudah terpecah belah,  masyarakat harus bangkit dan memotivasi diri untuk bangun,  bahwa  kuat menghadapi semua persoalan ini," pungkasnya. (Eka)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close