Breaking News

Samsung Electronics Sumbang Korban Gempa Dan Berikan Pelayanan Service Gratis

Vice President Samsung Indonesia Kwanghyun Lee mengunjungi dapur umum korban gempa di Desa Lekok KLU
Lombok Utara (postkotantb.com)-Samsung Electronics Indonesia dirikan Posko Samsung Peduli Lombok di dua lokasi dengan dampak terbesar dari bencana gempa di Lombok, yaitu Dusun Lekok dan Dusun Menggala, Kabupaten Lombok Utara. Sekitar 5.300 orang dari 2.010 kepala keluarga di kedua dusun tersebut saat ini masih mengungsi di dalam tenda-tenda sederhana dengan keterbatasan makanan, minuman, dan air bersih. Aktif ikut serta membantu masyarakat yang membutuhkan, Samsung mendirikan Posko Samsung Peduli Lombok dengan fasilitas-fasilitas seperti 20 mesin cuci untuk layanan cuci pakaian, layanan perbaikan dan penggantian suku cadang untuk televisi serta peralatan rumah tangga Samsung lainnya, dua TV Samsung 55 inci sebagai sarana hiburan dan informasi, enam microwave, dua lemari pendingin serta, pusat telekomunikasi.. Layanan cuci dan servis tersebut dapat dinikmati warga Lekok dan Menggala secara gratis. 

Selain fasilitas tersebut, Samsung juga mendonasikan 2.000 unit barang yang terdiri dari berbagai perlengkapan, seperti wadah minum, tenda anak, sprei, dan bed cover. Untuk mendukung proses pemulihan bencana ini, Samsung juga menyediakan bahan makanan pada dapur umum yang dikelola dengan bantuan kelompok ibu-ibu di sekeliling lokasi Posko untuk membantu memasak dan membagikan sekitar 600 bungkus makanan pagi setiap harinya.

Bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini merupakan rangkaian gempa yang dimulai pada 29 Juli 2018 dengan beberapa kali goncangan antara empat hingga tujuh Skala Richter. Menurut laporan Palang Merah Indonesia (PMI), hingga 3 September terhitung telah terjadi 1.974 kali gempa, sementara itu laporan PMI per tanggal 15 September 2018 menyatakan total jumlah warga yang terdampak bencana ini adalah 509.677 orang dengan rincian 560 orang meninggal dunia, 7.757 orang luka-luka, dan 396,032 orang terpaksa mengungsi. Bencana ini juga mengakibatkan 81,022 unit rumah rusak berat yang mengakibatkan hilangnya tempat bernaung dan rusaknya sarana dan prasarana umum sebanyak 1,154 unit. Khusus di Kabupaten Lombok Utara saja, tercatat 467 orang meninggal dunia, 829 orang luka-luka, dan 101.735 orang menghuni posko pengungsian.

“Bencana gempa Lombok ini adalah bencana berskala besar dengan durasi kejadian yang cukup panjang dan berulang. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kami sangat prihatin dengan apa yang menimpa saudara-saudara kita di Lombok, terutama masih adanya beberapa area yang belum terpapar bantuan secara khusus seperti di Dusun Lekok dan Menggala di Lombok Utara ini. Rasa kebersamaan sebagai bagian dari masyarakat Indonesia ini yang mendorong Samsung untuk selalu bekomitmen untuk membantu meringankan para korban bencana. Kami berharap, layanan yang diberikan di Posko Samsung Peduli Lombok dapat sedikit membantu para warga di kedua dusun untuk mencuci pakaian, memberikan hiburan bagi keluarga serta anak-anak, agar dapat kembali semangat untuk menata kehidupan mereka pascabencana,” ujar KangHyun Lee, Vice President PT Samsung Electronics Indonesia saat meninjau langsung ke kedua posko Samsung Peduli Lombok di Dusun Lekok dan Menggala hari ini.

Di kedua titik Posko Samsung Peduli Lombok, Samsung Electronics Indonesia menyediakan masing-masing 10 mesin cuci Samsung untuk memberikan layanan cuci gratis yang meringankan beban para pengungsi dan bisa mendapatkan hasil cucian yang bersih. Terdapat tiga unit microwave Samsung di setiap posko yang dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan makanan siap saji serta menghangatkan makanan, dan satu unit kulkas Samsung untuk penyimpanan makanan dan minuman para warga di titik pengungsian Lekok dan Menggala. 

Kebutuhan akan informasi berita terkini memberikan alasan bagi Samsung untuk menyediakan satu unit TV Samsung di masing-masing Posko Samsung Peduli Lombok yang juga dapat menjadi hiburan bagi mereka. Melengkapi bantuannya, Samsung menyediakan pusat telekomunikasi di masing-masing posko Samsung Peduli yang dilengkapi dengan lima unit smartphone Samsung yang memungkinkan para pengungsi melakukan komunikasi dengan sanak saudara dan kerabat mereka secara gratis. Terdapat juga lima unit tablet yang dapat digunakan untuk education-games dan hiburan bagi anak-anak di sekitar posko.

Seluruh warga yang tinggal di Pulau Lombok bisa mendapatkan program bantuan layanan servis dan penggantian suku cadang produk-produk Samsung secara gratis. Layanan ini dikhususkan untuk peralatan rumah tangga seperti TV, mesin cuci, kulkas, sound bar, vacuum cleaner, dan microwave yang berlaku dari tanggal 17 hingga 30 September 2018. Untuk mendapatkan program bantuan ini.

Warga Lombok yang menjadi korban gempa dapat datang dan menginformasikan ke Posko Samsung Peduli Lombok yang berlokasi di Dusun Lekok dan Dusun Menggala, kemudian tim servis Samsung akan mengunjungi untuk melakukan perbaikan.(RZ) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close