Breaking News

Gubernur NTB: Penanganan Rekonstruksi Paska Bencana "On The Track"

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah optimis penanganan bencana sesuai dengan rencana
Mataram (postkotantb.com)- Meski banyak nada sumbang terkait lambannya penanganan rekonstruksi bencana gempa bumi di Lombok, namun Gubernur NTB Doktor Zulkieflimansyah menyatakan penanganan rekonstruksi paska bencana berjalan sesuai dengan rencana.

"Saya optimis rehabilitasi dan rekonstruksi berjalan sesuai dengan rencana" ujarnya saat menggelar pertemuan dengan awak media di pendopo, Selasa (9/10).

Gubernur tidak menampik lambannya dan rumitnya pengurusan bantuan bagi korban bencana namun ia menegaskan kedatangan dua menteri pada Senin (7/10) kemarin menunjukkan adanya keseriusan pemerintah pusat membantu korban bencana. Dr. Zul mengatakan dirinya mendengarkan langsung dari Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa anggaran untuk korban gempa tetap tersedia namun mekanisme penyaluran harus akuntable.

Dr. Zul juga menyatakan Pemprov NTB menyiapkan skenario lain untuk membantu rekonstruksi paska bencana korban gempa yakni dengan saling bahu membahu seluruh kepala daerah di NTB. Kepala daerah akan membantu daerah yang terdampak bencana. Selain itu gubernur juga telah menunjuk Wakil Gubernur NTB Dr. Rohmi Djalilah sebagai ketua tim pemantau penanganan rekonstruksi paska bencana. Wagub ucap Dr. Zul telah melakukan pemantauan daerah dan rumah korban yang rusak.

"Saya sudah menunjuk wagub untuk menjadi ketua tim pemantau penanganan korban bencana, sekarang beliau sudah turun ke lokasi bencana dan melakukan pengecekan terhadap rumah korban bencana yang rusak," paparnya.

Terkait dengan kedatangan Managing Director IMF Christine Lagard, Dr. Zul menyatakan bahwa Christine menyumbang secara pribadi sebesar dua milyar rupiah. Pada pertemuan IMF di Bali kondisi di Lombok juga menjadi pembahasan dan sekaligus mengumpulkan bantuan untuk Lombok dari negara peserta pertemuan IMF.

Pernyataan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan juga cukup membuat Gubernur merasa optimis bahwa pemerintah pusat tetap memberikan perhatian meski pemerintah pusat juga fokus mengurus korban gempa di Palu dan Donggala.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close