Breaking News

Dandim Loteng : "Mari Kita Jaga Kerukunan Hidup Beragama di Loteng"

Dandim 1620/Loteng Letkol Czi Prastiwanti berdialog dengan umat hindu di Lombok Tengah
Lombok Tengah - Dandim 1620/Loteng Letnan Kolonel Czi Prastiwanto, SE. M.I.Pol., menghadiri upacara Pujawali Umat Hindu di Pura Prajaniti Gili Lebur Asrama Kodim 1620/Loteng, Minggu (20/1).

Upacara yang dihadiri Ketua PHDI Kabupaten Lombok tengah I Komang Restu Sosiawan, S.Pd., maupun PHDI NTB dan Umat Hindu di Kabupaten Lombok Tengah. Dandim 1620/Loteng dalam sambutannya menyampaikan keberadaan Pura Prajaniti di tengah-tengah asrama Kodim Loteng ini merupakan simbol kebersamaan, persaudaraan dan keteladanan TNI untuk menjaga empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Menurutnya, semua agama yanga ada mengajarkan tentang kasih sayang menuju kebahagiaan yang harmonis dan damai. Oleh karena itu, sambungnya, melalui perayaan Pujawali ini tentu Umat Hindu yang ada di Lombok Tengah telah dapat mengimplementasikan ajaranTri Hita Karana yakni hubungan harmonis dengan Tuhan YME, dengan sesama dan dengan lingkungan alam semesta.

Mengakhiri sambuntannya, Akmil lulusan 2001 tersebut menghimbau kepada seluruh Umat Hindu khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah untuk menjadi garda terdepan merawat, menjaga dan melestarikan kerukunan dan toleransi umat beragama. 

"Ditahun politik ini, mari kita jaga wilayah Kabupaten Lombok Tengah agar tetap kondusif dan jangan menebar isu-isu hoax dan tidak bermanfaat yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa," pungkasnya.

Adapun tema yang diangkat dalam peringatan Upacara Pujawali Umat Hindu di Lombok Tengah yakni "Melalui Pujawali Ini Mari Kita Perkuat Sinergitas dan Rasa Persaudaraan Menuju Kebahagiaan, Kedamaian Bersama dan Kita Bangun Kesadaran Diri Untuk Selalu Serasi di Intern dan Dengan Antar Umat Beragama Dalam Rangka Ikut Membangun Lombok Tengah Yang Sama-Sama Kita Cintai".    

Kegiatan dilanjutkan dengan Darmawacana dan Sembahyang bersama Umat Hindu yang hadir di Pura tersebut.(RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close