Breaking News

Ummi Rohmi Ingatkan Agar Desa Prioritaskan Kesehatan Masyarakat

Wagub NTB Sitti Rohmi Djalillah, Menghadiri Penandatanganan Kontrak Kerja Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Lombok Timur, Kamis (31/1)

Lombok Timur (postkotantb.com)- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar memprioritaskan dan memperhatikan kesehatan masyarakat yang ada di desa masing-masing.
"Saya selalu berusaha menyempatkan diri untuk menghadiri acara seperti ini untuk bertemu para kepala desa dan berpesan untuk mengedepankan kesehatan masyarakatnya," ungkap Ummi Rohmi saat menghadiri penandatanganan kontrak kerja tenaga pendamping profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Lombok Timur, Kamis (31/1).


Wakil Gubernur yang biasa disapa Ummi Rohmi mengungkapkan masalah kesehatan tidak boleh dipandang sebelah mata, mulai dari stunting hingga gangguan mental, hal itu disebabkan oleh kurang perhatiannya masyarakat terhadap pentingnya gizi. Untuk itu, fasilitas kesehatan di desa harus ditingkatkan, dengan begitu masyarakat di desa tidak lagi jauh-jauh untuk mengecek kesehatan.

"untuk menjalankan program kesehatan ini, desa harus menghidupkan posyandu dan meningkatkan standar posiandu itu sendiri, agar kesehatan masyarakat desa itu bisa terkontrol," ungkap Ummi Rohmi.
Ia menegaskan, bahwa sampah adalah salah satu penyebab masalah kesehatan dan hal itu masih kurang disadari oleh masyarakat, itulah pentingnya peran pemerintah desa dalam meyakinkan masyarakat untuk mengelola sampah.
"Saya mengingatkan kepada seluruh kepala desa yang hadir untuk membentuk bank sampah agar sampah yang dihasilkan tiap desa dapat di kelola dan dimanfaatkan kembali dengan baik, sampahpun bisa digunakan sebagai alat pembayaran," tegasnya.
Ummi Rohmi mencontohkan bahwa banyak sekali desa-desa yang dulunya kumuh, tidak sehat dan tidak memiliki akses jalan yang layak sekarang sudah sangat berubah, desa-desa sekarang begitu maju, kesehatan masyarakat terjamin dengan adanya posyandu, yang memiliki peralatan lengkap dan tertata serta memiliki akses jalan yang sangat layak.
Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy berterima kasih atas kedatangan Ummi Rohmi. Karena dirinya menganggap pertemuan seperti ini begitu penting, dan untuk meningkatkan semangat kerja para aparatur pemerintahan mulai dari kabupaten hingga desa, akan diberikan hadiah berupa umroh dengan kriteria-kriteria tertentu.
"Sudah banyak yang kami berangkatkan umroh secara gratis karena prestasinya dalam menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan lain-lain, banyak lagi yang kami jadikan sebagai acuan untuk memberikan hadiah umroh ini," pungkasnya. (RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close