Breaking News

Pemrov NTB Jalin Kerjasama Dengan Polandia



Mataram (postkotantb.com)- Kerja sama internasional bukan hanya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat saja. Masing-masing provinsi, bahkan kota, di Indonesia diberikan keleluasaan untuk menjalin hubungan dan kerja sama yang lebih intensif dengan provinsi maupun kota-kota di negara manapun itu.
Kerja sama tersebut dimungkinkan, selama tidak menyentuh ranah politik yang menjadi kewenangan eksklusif Pemerintah Pusat. Jalinan kerja sama tersebut dibingkai dalam suatu kesepakatan bernama.
Meski, tentunya kesepakatan kerja sama tetap harus dikoordinasikan dan dikonsultasikan dengan Pemerintah Pusat, dalam hal ini adalah Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri.
Pemerintah Provinsi NTB sendiri terus menjalin komunikasi dan aktif dalam membina kerja sama dengan negeri Putih Merah tersebut. Seperti yang terjadi pada hari ini, Minggu (24/3/2019) Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menemui para delegasi dari Polandia di Katamaran Hotel guna menjajaki berbagai peluang kerjasama terbaru. "Welcome to Lombok, so happy you can visit our here" sambut Gubernur pada para Delegasi Polandia.
Diketahui, bentuk Peluang kerjasama yang akan segera dilakukan adalah penandatanganan LOI (Letter of Intent) antara Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah (daerah) Torun, Polandia sebagai bentuk follow up dari kunjungan ke Polandia sebelumnya. Dari LOI tersebut, terdapat peluang kerjasama dalam bidang pendidikan, pariwisata, dan ekonomi - bisnis.
Dalam bidang pendidikan, Pemerintah Provinsi berencana akan mengirimkan Mahasiswa ke Kota Torun, dengan bekerjasama dengan 3HK (Institute of Sustainable Development EU-Asean) dalam mempromosikan budaya melalui duta pendidikan. Pemerintah Torun juga berniat memulai kerjasama pariwisata dengan mengirim jurnalis dari Polandia untuk melihat keindahan NTB dan membantu mempromosikan di Polandia.

Dalam bidang ekonomi dan bisnis, peluang kerjasama diharapkan akan mampu mendatangkan investasi dari Polandia ke NTB.

"Penandatanganan LOI adalah awal untuk memulai kerja sama dalam berbagai bidang. Kami berharap selain melanjutkan kerjasama dalam bidang pendidikan, ekonomi dan bisnis bisa dimulai. Kami juga berharap melalui promosi wisata di Polandia akan mendatangkan investasi di Lombok dan Sumbawa dari pengusaha - penguasa di Polandia" ujar Sylwwia Tubielewicz, Director of the International Cooperation Department Kujawy Pomorze.
Senada, Marcin Schmidt, President of the Board 3HK juga menyatakan dukungan dan sangat mengapresiasiaksi nyata yang dilakukan Pemerintah Provinsi NTB. "Pemprov NTB melalui program - program nya sangat fokus pada Sustainable Development Goals. Kami siap membantu, terlebih lagi dengan semangat dan visi misi Pak Gubernur yang sangat aktif dan secara holistik memikirkan perkembangan NTB dalam berbagai bidang "

Turut mendampingi Gubernur pada kegiatan ini, Kepala BKD Drs. H. Fathurrahman, M. Si, Kepala Biro Kerja Sama Ahmad Nur Aulia, S. STP, Karo Humas Protokol, Najamuddin Amy, S. SOS, MM, serta Tim Beasiswa NTB. (RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close