Breaking News

Gubernur NTB Perintahkan Pemkab Lotim Dan BPBD Percepat Rehabilitasi Pasca Tanggap Darurat Bencana


    Gubernur NTB Meninjau Lokasi Banjir Di Desa Sepit Kabupaten Lombok Timur


Lombok Timur (postkotantb.com)- Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi, meninjau langsung korban banjir di Desa Sepit, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Selasa, (21/11).

Dalam kunjungan tersebut, Tuan Guru Bajang (TGB) sapaan akrab Gubernur NTB, berkeliling melihat langsung rumah warga yang rusak berat akibat diterjang banjir. TGB juga  mengunjungi warga ditempat pengungsian dan tenda tenda penampungan yang disediakan petugas dilapangan.  Usai melakukan peninjauan dan  memberikan motivasi kepada korban banjir ditempat penampungan, Gubernur langsung memerintahkan kepada seluruh jajaran terkait untuk melakukan koordinasi dalam proses percepatan rehabilitasi pasca tanggap darurat terhadap korban banjir.

"Warga masyarakat kita harapkan tidak terlalu lama berada ditempat penampungan, apalagi di tenda seperti ini," ujarnya.

Oleh karena itu, Gubernur memerintahkan BPBD-NTB dan kabupaten Lombok timur, setelah tanggap darurat selesai  untuk segera melakukan pendataan terhadap korban terdampak banjir. TGB memerintahkan pemerintah kabupaten Lombok Timur segera membangun rumah-rumah yang hancur akibat banjir sehingga dapat kembali ditempati warga. “Kita harapkan rumah-rumah warga yang betul-betul hancur untuk segera kita bangun dan kita masukkan dalam program pembangunan rumah layak huni untuk tahun 2018, kalau bisa untuk percepatan kita upayakan, ini adalah kerjasama antara pemerintah provinsi dan kabupaten Lombok Timur," harap TGB.

Gubernur NTB juga sempat berdialog langsung dengan korban banjir dan anak-anak sekolah untuk memastikan kelancaran distribusi bantuan bahan makanan bagi korban banjir dan ketersediaan sarana prasana belajar untuk anak sekolah yang terdampak banjir.
Saat itu Gubernur menyerahkan secara langsung bantuan sembako dan alat-alat tulis kepada anak-anak sekolah di Desa Sepit, juga menyerahkan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia.

"Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman TNI, Polri dan BPBD serta masyarakat yang telah bekerja keras dalam upaya melakukan proses pembersihan di lokasi terdampak banjir  dan pengamanan terhadap para korban banjir," ujar Gubernur.


Didampingi Kepala BPBD Provinsi NTB, H.Moh. Rum dan pejabat terkait lainnya serta Kepala BPBD Kabupaten Lombok Timur, saat berdialog dengan warga masyarakat di lokasi banjir, Gubernur sempat memuji semangat kebersamaan masyarakat NTB dengan bergotong royong dalam membantu korban bencana banjir. Khususnya selama masa tanggap darurat dan dalam proses pemulihan korban banjir di Lombok Timur sesuai dengan kemampuan masing-masing. “Saya sangat mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat, baik kepala desa yang datang langsung bersama masyarakatnya membawa bantuan. Ini adalah cermin nyata semangat kegotong royongan masyarakat”,pungkasnya. (RZ)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close