Wednesday, June 6, 2018

Upaya Abdul Majid Loezawa Mempromosikan Sekotong, Pernah Dianggap Gila Dan Dicemooh

Abdul Majid Leozawa Gencar Mempromosikan Sekotong Menjadi Daerah Wisata Unggulan


Mataram (postkotantb.com)- Mempromosikan suatu daerah yang sebelumnya tidak terkenal menjadi daerah yang diminati untuk di kunjungi dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata unggulan membutuhkan kerja keras. Tidak hanya berkorban waktu, tenaga dan materil cemoohan dan di anggap orang gila juga harus di terima.

Hal itu di rasakan oleh Abdul Majid, lelaki kelahiran tahun 78 silam ini merasakan bagaimana susah payah membangun kawasan yang kaya akan kandungan emas ini bisa menjadi daerah wisata yang tidak hanya di kenal oleh lokal namun juga terkenal hingga keluar negeri.

Berawal dari keinginan membangun tanah kelahirannya dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, Loezawa panggilan akrab bapak tiga anak ini membentuk sebuah organisasi kemasyarakatan yang di beri nama Jaringan Komunikasi Masyarakat Bersatu (Jarkomsat). Melalui wadah ini Loezawa bergerak untuk mendekati masyarakat untuk ikut peduli dengan lingkungan sekitar serta mengedukasi masyarakat merubah pola pikir untuk lebih maju.



"itu resiko yang harus saya terima, tetapi tidak harus cemoohan itu menjadi penghambat, saya hanya ingin melihat tanah kelahiran saya maju dan masyarakatnya bisa menikmati hasil dari sumber daya alam yang melimpah khususnya di sektor pariwisata," paparnya.

Untuk merekrut masyarakat agar bergabung dengan organisasi bukanlah perkara mudah. Penolakan bahkan makian hingga ancaman fisik dan di anggap tidak waras harus di terima. Namun penolakan dan cacian tersebut tidak menyurutkan langkah Abdul Majid. Pola pendekatanpun di rubah. Perlahan Majid mendekati masyarakat melalui hobi dan kegemaran masyarakat sekitar.

Perlahan pola pendekatan melalui hobi dan kegemaran ini menuai hasil. Beberapa kegiatan yang di gelar Jarkomsat seperti pameran batu akik. Masyarakat yang gemar dengan batu akikpun kerap di ajak untuk mengikuti pameran, begitu juga dengan kegiatan yang lain semisal membuat komunitas pecinta segala jenis ayam untuk pembudidayaan.

Perlahan pola pikir masyarakat mulai berubah. Usaha swadaya dengan mengeluarkan dana pribadi inipun memperlihatkan hasil. Jarkomsat sukses membentuk bank sampah dimana masyarakat di edukasi untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Kesuksesan yang paling menonjol adalah dengan segala upaya kini Sekotong di kenal tidak hanya tingkat lokal namun sudah mendunia. Jargon Sekotong Mendunia kini tidak asing lagi para pelaku pariwisata, jargon tersebut kini menjadi trend mark. Untuk lebih menggaungkan Sekotong mendunia Majid membentuk Sekotong Tourism Watch dimana para wisatawan bisa mendapatkan informasi penuh tentang Sekotong.

Sekotong sendiri berada di wilayah administratif Kabupaten Lombok Barat, terletak di wilayah selatan Lobar dan berbatasan dengan samudra hindia. Sekotong merupakan sebuah kecamatan dengan sembilan desa yang masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Sekotong.

Potensi pariwisata yang ada di wilayah inilah yang coba di kembangkan oleh Abdul Majid. Beberapa spot wisata yang bila di garap dengan serius akan menjelma menjadi destinasi unggulan. Di wilayah ini terdapat beberapa spot wisata yang bisa di nikmati seperti Gita Nada (Gili Tangkong, Gili Sudak, Gili Kedis) selain itu ada beberapa pulau kecil yang juga mempunyai panorama yang indah seperti Gili Gede Indah, Bangko-Bangko, Kawasan Eco Wisata Mangrove di Desa Cendi Manik, air terjun asing di Pantai Nambung yang terletak di Desa Buwun Mas, Pulau terluar dan terkecil yang berbatasan dengan Australia yakni pulau Sopia Louisa, spot diving Manta Shark dan Hammer Head, Pantai Mekaki yang sempat menjadi even nasional MekakI Marathon pada tahun 2017 serta sejumlah spot wisata lainnya.

Berbagai upaya promosipun di lakukan Abdul Majid untuk menggaungkan Sekotong. Diantaranya menggandeng sejumlah artis tanah air dengan membuat testimoni tentang keindahan Sekotong. Dukungan terhadap Sekotong mendunia juga mengalir deras dari beberapa pesohor mancanegara seperti belasan musisi tanah air seperti Debu dan musisi mancanegara yang berpartisipasi pada even fun bike destinasi wisata dalam rangka acara Labbaik Lombok.

Kini di tangan dingin Abdul Majid wilayah Sekotong menjadi salah satu destinasi unggulan di NTB khususnya di Pulau Lombok. Sekotong kini banyak berbenah, kepedulian pemerintah daerah terhadap wilayah selatan Lombok Barat inipun mulai terlihat. Sekotong merupakan salah satu mutiara yang selama ini di abaikan, perlahan Sekotong mulai berubah dan pariwisata di daerah inipun mulai menggeliat.(RZ)

1 comment: