Wednesday, October 17, 2018

Tahap Pertama Pemprov NTB Target Cairkan Dana Bantuan Untuk 10 Ribu Orang Korban Gempa

Gubernur NTB Doktor Zulkieflimansyah pimpin rapat percepatan pencairan dana bantuan korban gempa bumi
Mataram (postkotantb.com)- Sehari setelah menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Selasa (16/10) menggelar rapat koordinasi percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana Gempa NTB bersama BNPB, Wagub NTB yang juga Ketua Pusat Komando PDB Gempa NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, Assisten Operasional Kogasgabpad, Kolonel Inf Hengki Yudha Setiawan, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah, para Bupati daerah terdampak, perwakilan BRI, dan sejumlah pejabat dari instansi terkait lainnya.

Pada rapat ini Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah menegaskan dana bantuan untuk korban bencana tahap pertama yang akan di cairkan sebanyak 10 ribu orang. Dari hasil pendataan dan verifikasi sampai hari Selasa jumlah korban gempa yang terdata dan mendapat buku tabungan serta telah membentuk pokmas sebanyak 7.861 korban gempa. Untuk sisanya Zul meminta para korban gempa untuk segera membentuk pokmas sehingga pencairan dana bantuan bisa segera di lakukan.

Zul membantah bila selama ini ada kesan pemerintah lamban mencairkan bantuan dana untuk korban gempa. Menurutnya mekanisme dan prosedur yang panjang membuat pencairan menjadi lambat. Penyederhanaan proses dari 17 lembar berkas yang harus di tandatangani menjadi hanya satu berkas merupakan upaya pemerintah untuk mempercepat pencairan dana bantuan gempa. 

"Kita kan tidak ingin semua cepat tetapi melanggar aturan, jangan sampai nanti karena ingin cepat berakhir pada permasalahan hukum, penyederhanaan inilah menjadi upaya untuk mempercepat pencairan dana bantuan untuk korban gempa," papar Zul. 

Disinggung apakah proses pencairan yang di targetkan rampung dalam dua hari ini karena kedatangan Presiden Jokowi ke NTB, Zul tidak membantahnya.  Zul menyatakan Pemprov NTB bersama dengan kepala daerah terdampak dan stake holder lainnya ingin menunjukan bahwa pencairan tahap pertama tersebut bisa di lakukan sehingga pencairan selanjutnya dapat dengan mudah di lakukan. Sebelumnya mantan anggota DPR RI ini menjelaskan Presiden Jokowi meminta agar pencairan dana bantuan tidak ribet dan harus di percepat. 

"Presiden rencananya hari Rabu. Tapi kita dikasih waktu satu-dua hari untuk selesaikan semua ini ya, InsyaAllah hari Kamis (Presiden berkunjung ke NTB)," kata Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, usai rapat koordinasi.

Zul menambahkan, semangat percepatan ini juga untuk mengimbangi perhatian pemerintah pusat yang cukup serius menangani pasca bencana di NTB.

"Saya lihat dari rapat kemarin-kemarin. Saya lihat betul-betul ya bukan sekedar retorika, (pemerintah pusat) betul-betul ingin agar ini segera cair, dan pembangunan rumah berjalan," pungkasnya.(RZ) 

No comments:

Post a Comment