Thursday, December 27, 2018

Bupati Najmul Akhyar Buka Relaunching Kerujuk Ecotourism

Bupati Najmul Akhyar Membuka Kegiatan Relaunching Kerujuk Ecotourism, Di Desa Wisata Kerujuk, Desa Pemenang Barat (26/12).

Lombok Utara (postkotantb.com)- Bupati Lombok Utara H. Najmul Akhyar didampingi Sekda KLU H. Suardi, membuka acara Relaunching Kerujuk Ecotourism bertempat pada kawasan desa wisata Kerujuk Desa Pemenang Barat (26/12).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata H. Muhammad,  Kadis DP2KBPMD Kholidi, Plt. Kadis Dikpora Dr. Fauzan, Camat Pemenang Muhammad Faesol, Unsur Kepolisian, NGO dan Pokdarwis KLU, beserta tamu undangan lainnya.

Ketua Pokdarwis Kampung Wisata Kerujuk, Lukmanul Hakim berterima kasih kepada Pemda KLU dan seluruh jajarannya, awak media dan juga pokdarwis se-KLU, berkat kerjasama yang baik acara dapat dilaksanakan sesuai harapan.

Ditambahkan Lukman, dengan adanya relaunching Ekowisata Kerujuk Ecotourism, membantu untuk bangkit dari bencana yang sedang kita hadapi.

Sementara itu, perwakilan Yayasan Desa Wisata Nusantara Panji Kusumah menyatakan, berbicara tentang desa wisata, desa yang selama ini terpinggirkan sekarang sudah banyak mulai menggeliat, segala hal di desa menunjukkan nilai-nilai kearifannya.

Lebih lanjut dijelaskannya, empat unsur dari wisata desa, nilai edukasi pelestarian alam maupun budaya, pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat desa, serta siapapun yang datang ke desa harus merasa senang.

Sementara itu, Kadiskebpar KLU H. Muhammad dalam sambutannya menyampaikan, musibah yang menimpa tidak menyurutkan semangat untuk Lombok Utara bisa bangkit.

Bupati Najmul dalam sambutannya meyakini, kegiatan relaunching bisa membangkitkan kembali semangat baru Pokdarwis untuk mengembangkan desa wisata. Lantaran Kementerian Desa menyarankan, supaya kabupaten memilih desa wisata dan rencananya membantu secara masif, desa mempunyai daya tarik tersendiri.

"Apapun yang menjadi produk unggulan desa, supaya dibina dan dibantu promosinya, untuk pengelola Pokdarwis supaya meningkatkan kreativitasnya," Pinta bupati.

Pada kesempatan tersebut, bupati mengingatkan kembali perlunya produk tenun khas Lombok Utara. "Sudah tiga tahun kita rencana menggunakan tenun Lombok Utara, tapi sampai hari ini belum kita lakukan. Mudah-mudahan ini bukan hanya wacana di podium saja tapi untuk ditindaklanjuti," tegas bupati.


Dengan relaunching ekowisata ecotourism, diharapkan membantu percepatan pemulihan pascabencana pada aspek kepariwisataan. Desa Wisata Kerujuk bisa menjadi pilot project. 

Pembukaan acara Relaunching Kerujuk Ecotourism ditandai dengan pemukulan gong oleh bupati, dan diakhiri dengan meninjau stand-stand kuliner lokal warga masyarakat Kampung Wisata Kerujuk. (sas/Eka)

No comments:

Post a Comment