Saturday, July 6, 2019

Permudah Pembayaran PKB Dishub Mataram Gandeng Bank NTB Syari'ah

Kadis Perhubungan Kota Mataram HM. Saleh menandatangani MoU dengan Bank NTB Syari'ah untuk pembayaran PKB secara online
Mataram (postkotantb.com)- Untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, Pemerintah Kota Mataram melalui Dinas Perhubungan Kota Mataram membuat kerjasama dengan Bank NTB Syari'ah. Kerjasama tersebut di tuangkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU). 

Penandatanganan MoU di lakukan ruang Kenari, Jum'at (5/7) yang di saksikan langsung Walikota Mataram H. Ahyar Abduh bersama sejumlah pejabat teras Pemkot Mataram serta mitra kerja pemerintah Kota Mataram seperti Jasa Raharja, Ombudsman NTB dan Dirut Bank NTB. Kerjasama ini berbentuk pembayaran retribusi daerah secara non tunai  (Cash Less System) 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Mataram , Drs, H.M. Saleh, S.Sos., mengatakan penandatangan MoU antara Dinas Perhubungan Kota Mataram dengan Bank NTB Syari’ah merupakan langkah maju dalam era digital. 

“Dasar pelaksanaan acara ini adalah UU no 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan angkutan jalan serta Peraturan Pemerintah no 55 tahun 2012 tentang kendaraan, Permenhub no PM 133 TH 2015 tentang pengujian berkala kendaraan bermotor, Perda Kota Mataram no 7 th 2016 tentang penyelenggaraan perhubungan, dan Peraturan Walikota no 22 th 2018 tentang penyesuaian tarif retribusi pengujian kendaraan bermotor”.

Melalui pembayaran secara online ini ujar Saleh menghilangkan asumsi dan isu negatif dalam pengujian kendaraan bermotor yang selama ini beredar.

Data Dishub Kota Mataram mencatat jumlah kendaraan bermotor yang wajib uji dikota Mataram mencapai 16 000 unit kendaraan/tahun, yang dapat menyerap retribusi daerah dalam pengujian kendaraan bermotor mencapai 1,2 milyar dalam setahun, sementara target Rp 700.000.000,- setahun.

Perwakilan Direktur Utama PT.BANK NTB Syariah, H. Saharudin menyampaikan, kerjasama Pemkot Mataram sudah dimulai sejak tanggal 24 September 2018, dan telah banyak memberikan kontribusinya. Penandatangan kerjasama antara PT. Bank NTB Syari’ah dengan Dinas Perhubungan Kota Mataram bagian dari proses membangun akuntbilitas dan integritas di Kota Mataram.

Walikota Mataram, TGH. Ahyar Abduh, menyambut positif MoU dengan Bank NTB. Ia mengatakan Mataram sebagai salah satu daerah Kabupaten Kota di NTB yang paling siap menerima pilot projek yang diluncurkan PT. Bank NTB Syari’ah. 

“Kita harus serius dan bersungguh sungguh dalam menyikapi dan melaksanakan setiap program yang sudah disepakati, jangan hanya penandatanganan saja. Tapi harus ditindak lanjuti dengan baik”, pungkasnya.(RZ)

No comments:

Post a Comment