Breaking News

Koramil Manggelewa Padamkan Kebakaran Hutan Desa Nanga Tumpu


Dompu (postkotantb.com)- Luas lahan hutan yang mengalami kebakaran diperkirakan sekitar 1 hektar di Desa Nanga Tumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu. Kebakaran  hutan tersebut terjadi sekitar pukul 08.-00 waktu setempat tepatnya dipinggir jalan lintas Manggelewa - Sumbawa.

Anggota Koramil 1614-06/Manggelewa dipimpin Danramil Kapten Inf Mujiono bersama anggota Polsek dan KPH Ampang Riwo Soromandi melakukan pemadaman dengan alat seadanya dan berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran, Polres Dompu untuk mendatangkan mobil Damkar.

Komandan Kodim 1614/Dompu Letnan Kolonel Czi Arief Hadiyanto, S.IP., membenarkan kejadian tersebut berdasarkan laporan Danramil Manggelewa. Menurutnya, kondisi hutan dan lahan dimusim kemarau saat ini sangat rentan dengan kebakaran sehingga perlu kehati-hatian dalam membakar sampah maupun membuang puntung rokok yang masih menyala.

"Posisi api inikan dipinggir jalan, jadi tidak menutup kemungkinan api berasal dari puntung rokok yang dibuang secara sembarangan, jadi pastikan puntung rokok dalam keadaan mati sebelum dibuang," harapnya.

Dandim Dompu juga mengucapkan terimakasih kepada Damkar dan Polres Dompu dalam upaya membantu pemadaman api dengan mobil Damkarnya sehingga api bisa dipadamkan sekitar pukul 10.15 Wita.

"Mari kita sikapi kondisi musim kamarau ini dengan tidak membakar sampah maupun membuang puntung rokok sembarangan, dan jangan membakar hutan untuk membuka lahan karena sanksi pidananya secara tegas diatur didalam Undang-Undang nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2004 tentang Perkebunan dan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup," pungkasnya. (Eka)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close