Monday, September 2, 2019

Lobar Jadi Titik Finish Gowes Nusantara 2019


Lombok Barat (postkotantb.com)- Ribuan masyarakat sejak pukul 06.00 Wita pagi tumpah ruah di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (1/9/2019). Mereka adalah para penggemar olahraga sepeda dari beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bersiap mengikuti event Gowes Nusantara 2019 yang bertagline "Ayo Bergerak, Dimana Saja, Kapan Saja dan Bersama Siapa Saja".

Event tahunan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI ini menjadikan Lombok Barat sebagai lokasi terakhir kegiatan Gowes Nusantara 2019. Selain itu, kawasan wisata Senggigi juga menjadi titik finish tim Jelajah Gowes Nusantara 2019 yang telah menyelesaikan misi penjelajahan yang sangat panjang dari 0 Km di Sota, Merauke.

H. Fauzan Khalid, selaku Bupati Lombok Barat pun mengaku bangga karena Kabupaten Lombok Barat masih mendapat kepercayaan untuk kembali menjadi salah satu lokasi penyelenggaran Gowes Nusantara 2019 ini.

"Kami tentu sangat senang, dan kami Lombok Barat akan selalu siap ditunjuk sebagai penyelenggara, sebagai tuan rumah event apapun, terutama yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga," katanya.

Fauzan juga mengajak masyarakat Lombok Barat untuk memasyarakatkan olahraga yang merupakan salah satu bentuk pembangunan sumber daya manusia, dan mengolahragakan masyarakat dengan mengajak semua untuk bisa hidup dengan gaya yang sehat.

Di tempat yang sama, Deputi Kemenpora RI Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta mewakili Menteri Imam Nahrawi merasa gembira atas sambutan dan dukungan masyarakat Lombok Barat. Ia berharap Lombok Barat dapat menjadi contoh bagi daerah lain sebagai daerah yang tidak malas bergerak.

"Semua komponen masyarakat hadir disini, Alhamdulillah berarti menunjukkan bahwa Olahraga didukung oleh semua komponen, kalau sudah didukung, kami optimis semua masyarakat Lombok, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Mataram dan lainnya bisa menjadi sehat dan bugar," ungkapnya.

"Jangan sampai kita diklaim masyarakat yang malas bergerak, Lombok Barat harus jadi contoh, dan hari ini telah dibuktikan, " tegas Isnanta.

Gelaran Gowes Nusantara 2019 diawali dengan pemanasan ringan dan senam bersama. Tepat pukul 07.00 Wita, seluruh peserta kemudian dilepas Bupati H. Fauzan Khalid didampingi Deputi Kemenpora Raden Isnanta.

Mengambil rute start dari halaman Hotel Montana Senggigi, para peserta yang terlihat mengenakan bermacam atribut dengan santai melaju bersama melalui Hotel Holiday Inn sebagai titik balik dan kembali finish di halaman Hotel Montana. Tidak ketinggalan seluruh anggota Tim Penjelajah Nusantara yang terdiri dari 15 atlet dari berbagai Provinsi dan 13 orang official bersepeda bersama ribuan masyarakat NTB. 

Rangkaian acarapun ditutup dengan pengalungan medali bagi para Tim Penjelajah Nusantara, dan pembagian doorprize dan aneka hiburan bagi para peserta. (Eka)

No comments:

Post a Comment