-->

Pengaruh Bahasa Asing di Indonesia Bagi Kaum Milineal

, Monday, October 28, 2019 WIB Last Updated 2019-10-28T12:08:04Z

Oleh: Aini Alfiani Rahman Putri
117110028

Bahasa (dari bahasa sansekerta, bhasa) adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik. Semua bahasa bergantung pada proses semiosis untuk menghubungkan isyarat dengan makna tertentu.

Dengan berbahasa yang baik kita dapat berkomunikasi dengan orang lain. Di Indonesia, terdapat bahasa yang dapat kita kenal saat  ini yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bagi bangsa Indonesia, karena Indonesia adalah negara yang terdiri dari beragam suku, budaya dan bahasa. Lahirlah bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bagi bangsa Indonesia.

Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 yang diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda, ditetapkan pula bahasa resmi yang akan digunakan untuk bermasyarakat, yakni bahasa Indonesia. Alasan bulan Oktober dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra merujuk pada sejarah bangsa, karena isi ikrar Sumpah Pemuda yang di bacakan pada tahun 1928.

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang sudah sangat dikenal sebagai bahasa Internasional dunia. Bahasa Inggris di Indonesia secara umum diajarkan sebgai bahasa asing. Bahasa asing adalah bahasa yang tidak digunakan sebagai alat komunikasi di negara tertentu, dimana bahasa itu diajarkan.

Bahasa Inggris secara resmi diajarkan sebagai bahasa asing di sekolah-sekolah Indonesia seiring dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 1967. Sejak saat itu, perkembangan pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia berkembang pesat.

Dengan bahasa asing, kita dapat mengikuti perkembangan di dunia, karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, maka kita dapat lebih mudah mengikuti perkembangan di dunia dengan dapat menggunakan bahasa Inggris.

Bagi kaum milenial atau 'Kids Zaman Now', sebaiknya bagi kita, selain mempelajari bahasa Indonesia, tentunya kita juga harus belajar bahasa asing atau bahasa Inggris. Karena dengan belajar bahasa asing, tentunya akan mampu menambah wawasan dan pikiran kita menjadi lebih luas.

Kemampuan berbahasa kita juga akan baik jika belajar bahasa asing, dan perkembangan bahasa kita juga sesuai dengan perkembangan dunia internasional, walaupun hanya dengan mempelajari bahasanya.(***)
Komentar

Tampilkan

Terkini