Breaking News

PS Lingsar Jawara Liga III Internal Askab PSSI Lobar


Lombok Barat (postkotantb.com)- Liga III Internal Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Lombok Barat telah usai digelar. Penutupan kompetesi yang diikuti 98 klub sepakbola tersebut digelar, Minggu (23/2) di lapangan Umum Lingsar. Dimana dalam liga III ini tim PS Lingsar keluar sebagai juara I, juara II diraih persedum Duman, kemudian  juara III Porsik Sigerongan dan juara IV diraih tim dari Perempuan Labuapi. Perhelatan Liga III ini sendiri menjadi awal kebangkitan sepakbola Lobar yang selama belasan tahun belum pernah diadakan turnamen resmi seperti ini. Apresiasi pun muncul dari Bupati H Fauzan Khalid saat hadir menutup liga III di Lingsar.

Sekretaris PSSI Lobar M Munib mengatakan, Liga III Internal Askab PSSI Lobar ini merupakan salah satu program dari askab PSSI yang diharuskan menggelar kompetisi internal yang selama belasan tahun tidak pernah diadakan di Lobar. Sehingga pengurus baru PSSI pun menggelar liga III, sebagai bentuk pembinaan sepakbola di Lobar. Kompetisi yang diadakan selama empat bulan ini, dilaksanakan melalui tahapan registrasi klub-klub yang ada di Lobar. Registrasi ini bertujuan untuk mengetahui berapa jumlah klub sepakbola yang betul-betul resmi, total yang registrasi saat ini mencapai 98 klub dari seluruh Lobar.

Kemudian dari 98 klub ini diadakan liga internal yang dibagi menjadi dua zona yakni selatan diadakan di lapangan jembatan kembar. Jumlah klub yang ikut di zona selatan sebanyak 51 klub, dan zona Utara diadakan di lapangan Sesela dengan 47 Klub. Untuk pelaksanaan pertandingan, pihaknya berkoordinasi dengan panitia pelaksana (Panpel) di masing-masing zona.

Hasil masing-masing zona ada 8 Klub terbaik berlaga di zona tengah di wilayah Lingsar. Sebanyak 16 klub bertanding untuk masuk 16 besar. Perbandingan bergulir selama 16 hari, sehingga Minggu Kemarin final penutupan.

"Yang juara I PS Lingsar, juara II persedum Duman,  juara III Porsik Sigeronga dan juara IV Perempuan,"jelasnya.

Menurutnya, pengurus askab sangat bahagia atas terselenggaranya liga III. "karena ini awal dari kebangkitan sepakbola kita, dari sisi klub Lobar, Perselobar sudah tembus regional (nasional),"katanya.

Dari sisi pembinaan melalui liga III juga sudah berjalan. Kedepannya hasil liga III akan dibagi menjadi tiga, ada 16 tim terbaik liga III akan masuk liga I yang digelar September 2020, 16 tim terbaik juga masuk liga II. Sedangkan sisanya dari 66 Tim akan bermain pada kompetisi liga III musim depan. Sehingga kompetisi ini terus bergulir tiap tahun supaya pelaku sepakbola baik pemain, pelatih dan meneger bisa melakukan pembinaan berkesinambungan untuk mempersiapkan timnya menghadapi liga. Untuk pelaksanaan liga I,II dam III akan diadakan tahun ini secara bergilir.

Untuk tim yang juara, Askab internal musim depan ini akan diberikan hadiah dan rekomendasi untuk bisa mengikuti liga III asprov, sehingga musim depan tidak saja Perselobar yang ikut liga III Asprov namun juga tim yang juara I liga III internal.

Dari hasil kompetisi liga III ini jelasnya, pemain terbaik yang miliki potensi akan dibina di Perselobar. Sebab selama liga III askab tersebut tim pemantau sudah turun melihat para pemain, para pemain ini akan dipanggil ikut seleksi sebagai pemain Perselobar. (Eka)

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close