Kain Tenun Khas NTB Masuk Dalam Program Khazanah Ramadhan 2020

Fashion Ramadhan menjadi salah satu agenda di Program Khazanah Ramadhan 2020

Mataram (postkotantb.com) - Kegiatan Fashion Ramadhan dalam event Pesona Khazanah Ramadhan 2020, Minggu (3/5) mengangkat dan mempromosikan potensi kain tenun khas NTB yang bisa dikreasikan sebagai busana modern.

Acara yang disiarkan secara livestreaming ini menampilkan sejumlah koleksi busana berbahan kain tenun khas NTB, karya desainer kondang Diah Kahar.

"Kain tenun khas NTB sangat kaya akan motif dan corak warna. Potensinya juga sudah banyak dilirik di tingkat nasional bahkan mancanegara," kata Diah Kahar.

Kain tenun Sukarara, Lombok Tengah misalnya. Menurut Diah, memiliki keunikan dan proses yang masih tradisional, sehingga bisa menjadi produk busana muslim atau busana modern lainnya dengan sentuhan yang ekslusif dan elegan.

Dihasilkan dari alat tenun tradisional yang secara lokal disebut "seksek", tenun Sukarara juga butuh waktu cukup lama untuk menyelesaikan selembar kain tenun.

"Alatnya masih tradisional dan memakan waktu 1 sampai 2 bulan untuk menyelesaikan selembar kain. Nah ini kenapa kita harus memberikan apresiasi terhadap karya tenun kita," katanya.

Produksi tenun menarik juga dihasilkan di Gumise, Lombok Barat, dan Pringgabaya Lombok Timur.

Bagi Diah, kekayaan corak dan warna kain tenun NTB selalu menarik untuk dikreasikan menjadi busana, fashion masa kini.

"Apalagi, cerita zaman dulu itu, seorang gadis belum boleh dipinang jika belum bisa menyelesaikan satu lembar kain tenun. Jadi secara seni maupun budaya, tenun NTB ini sangat menarik," katanya.

Diah mengatakan, berkat upaya Dekranasda Provinsi NTB juga, kekayaan tenun NTB ini mulai terangkat ke kancah nasional. Dengan demikian nilai tambah terhadap produk lokal NTB menjadi lebih terangkat dan memiliki multiplier efect secara ekonomi bagi para pelaku kriya, khususnya para wanita penenun di sejumlah daerah di NTB.

Desainer yang juga make up artis, Diah Kahar, juga membagikan tips dan tutorial berhijab yang praktis namun trendy dan gaul. (*)

Link Live PESONA KHAZANAH RAMADHAN 2020*

Youtube
https://www.youtube.com/channel/UCqBLZ786eogLDIck5JDbrbw/videos

Instagram
https://www.instagram.com/disparprovntb.official/

Facebook
https://www.facebook.com/Informasi.Pariwisata.Lombok.Sumbawa(RZ)