Esra P Batubara Ajak Warga NTB Tingkatkan Gizi dengan Gemar Makan Ikan

Esra P Batubara Ajak Warga NTB Tingkatkan Gizi dengan Gemar Makan Ikan

, Thursday, June 18, 2020 WIB Last Updated 2020-06-18T11:46:36Z
Acara Peluncuran Gemar Makan Ikan di Kecamatan Lembar, Lombok Barat, Kamis (18/6).
Lombok Barat (postkotantb.com)- Angka stunting di NTB cukup tinggi. Berbagai upaya harus dilakukan untuk meningkatkan gizi masyarakat khususnya para ibu. Diantara langkah yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi aneka produk laut.

Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) NTB, Esra P Batubara dalam acara peluncuran gemar makan ikan di Kecamatan Lembar, Lombok Barat mengatakan, pentingnya meningkatkan gizi melalui produk olahan laut.

"Untuk itu kami menggelar gerakan gemar makan ikan," katanya, Kamis (18/6).

Dijelaskan, kegiatan Gemar Ikan ini akan dilaksanakan di kabupaten/kota NTB dari 18 Juni hingga 18 Juli 2020. Sasarannya adalah anak kurang gizi, ibu hamil dan menyusui di desa stunting.

"Kegiatan ini disinergikan dengan penyuluhan dan pelatihan kepada kader-kader posyandu desa," sambungnya.

Para kader, lanjutnya, diajarkan tentang manfaat makan ikan, cara bercocok tanam hidroponik di pekarangan rumah.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan diharapkan kegiatan serupa dilaksanakan juga bukan hanya di desa stunting tetapi di desa lain," sambungnya.

Lebih lanjut, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek dari usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan masa awal kehidupan setelah lahir tetapi baru tampak setelah anak berusia dua tahun .

Pada tahun 2018, Provinsi NTB berada pada zona berbahaya karena persentase angka stunting mencapai 33.49 persen. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi NTB menginstruksikan semua pihak, stakeholder, dan masyarakat untuk bersama memerangi pertumbuhan stunting di Provinsi NTB.

"Hari ini Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB bersama TP PKK Provinsi NTB memberikan bantuan Paket Gemar Ikan kepada desa stunting di Kabupaten Lombok Barat. Desa Lembar Selatan sebanyak 200 paket. Desa Lembar Utara sebanyak 200 paket. Desa Jembatan Kembar sebanyak 200 paket. Desa Banyu Urip sebanyak 200 paket. Desa Jagaraga sebanyak 150 paket.

"Paket Gemar Ikan berisi bakso ikan, kerupuk ikan, abon ikan, stik rumput laut, tortila rumput laut dan terasi udang rebon," ucapnya.

Ditambahkan, pemberian paket Gemar Ikan ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat terutama pada anak kurang gizi, ibu hamil dan menyusui. Karena gizi ikan cukup baik untuk pertumbuhan kecerdasan otak anak dan kesehatan bagi ibu hamil menyusui.

"Dengan adanya kegiatan Gemar Ikan ini diharapkan dapat meningkatkan Angka konsumsi ikan di Kab lombok barat sehingga bisa mencetak generasi emas anak bangsa," tambahnya.

Dalam pembagian paket Gemar Ikan, hadir pula Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Hj. Khairatun Fauzan Khalid.

Ia berterima kasih atas paket produk dari sumber daya laut yang diberikan warga Kabupaten Lombok Barat.

Pada peluncuran Gemar Ikan ini, hadir pula Kasi Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Perikanan, Rina Susanti.(Eka)
Komentar

Tampilkan

Terkini