-->

DKP NTB Gelar Simulasi Samsat Perizinan Kapal Perikanan

, Monday, September 07, 2020 WIB Last Updated 2020-10-13T12:29:30Z
DKP NTB gelar simulasi Samsat Perizinan Kapal Perikanan di Lombok Timur

Lombok Timur (postkotantb.com)- Senin, (06/09/2020) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB menggelar simulasi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Perizinan Kapal Perikanan bekerjasama dengan MDPI di Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB H. Yusron Hadi bersama Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Kepala Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabuapten Lombok Timur, DPM-PTSP Provinsi NTB, KSOP, dan KUPP.


Berdasarkan Peraturan Gubernur No. 24 Tahun 2020 tentang Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Perizinan Kapal Perikanan di Pelabuhan Perikanan bertujuan untuk:

1) Mengoptimalkan pelayanan perizinan kapal perikanan;

2) Mendekatkan, memudahkan, dan mempercepat pelayanan perizinan kapal perikanan di pelabuhan perikanan kepada masyarakat;

3) Menertibkan pelayanan perizinan perikanan; dan

4) Memberikan kepastian hukum pelayanan perizianan kapal perikanan. “Samsat kapal perikanan dibentuk di pelabuhan perikanan di setiap kabupaten/kota di NTB.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Yusron Hadi menjelaskan kegiatan Simulasi tersebut merupakan tahap persiapan dalam rangka rencana Launching SAMSAT Perizinan Kapal pada tanggal 17 September 2020 di Pelabuhan Perikanan Labuhan Lombok dan rencananya Gubernur NTB DR. Zulkieflimansyah akan menghadiri secara langsung.


"Jadi sebelum di launching secara resmi kita lakukan simulasi dulu dan kedepannya hanya di NTB yang memiliki Samsat Perizinan Kapal Perikanan," ujar Yusron. 


Kedepan, pelayanan SAMSAT kapal ini akan diletakkan diseluruh Pelabuhan Perikanan yang tersebar di seluruh Kabupaten se-Provinsi NTB agar nelayan  memiliki kepastian hukum serta salah satu bentuk inovasi dalam rangka memangkas birokrasi.(RZ) 

Komentar

Tampilkan

Terkini