-->

RSUP NTB Rawat Pasien Covid-19 Yang Sudah Sembuh Namun Terinfeksi Kembali

, Tuesday, September 15, 2020 WIB Last Updated 2020-09-15T08:40:32Z
Ilustrasi foto pasien covid-19, Foto/Net
Mataram (postkotantb.com)- Rumah Sakit Umum Provinsi NTB merawat pasien yang sudah di nyatakan sembuh covid-19 namun terinfeksi kembali (Re infeksi, red) virus corona.

Kepala Bidang Pelayanan RSUP NTB Dr Nyoman Wijaya Kusuma menjelaskan, pasien re infeksi yang di rawat berjumlah 2-3 persen dari total kasus positif corona di NTB. Lebih jauh Dr Nyoman menjelaskan, pasien yang re infeksi ini di duga karena tidak terbentuknya sistem kekebalan tubuh secara alami.

Sebagian besar pasien yang re infeksi ini merupakan pasien yang memiliki riwayat penyakit bawaan atau komorbid seperti HIV, kanker, ginjal dan penyakit kronis lainnya.


"Penyebabnya kebanyakan karena tidak terbentuk kekebalan alami dari pasien. Biasanya pada pasien dengan daya tahan tubuh yang rendah seperti pasien dengan HIV, gagal ginjal, penyakit hati yang kronis, kanker, dan TB," papar Dr Nyoman kepada postkotantb.com melalui pesan singkat.

Pasien tersebut pun kini telah mendapat penanganan medis dan di isolasi kembali. Sementara jumlah pasien covid-19 yang di rawat di RSUP NTB juga semakin berkurang.

Dr Nyoman menjelaskan pasien covid-19 dengan kasus berat atau pasien dengan penyakit penyerta semakin menurun.

"Pasien yang dirawat semakin menurun, yang datang dengan kasus berat atau dengan penyakit penyerta jumlah nya terus menurun," pungkas Dr Nyoman.(RZ)
Komentar

Tampilkan

Terkini