-->

Zero waste Berbasis TPS, Program MUDA Ciptakan Mataram Bersih

, Wednesday, September 16, 2020 WIB Last Updated 2020-09-16T02:08:35Z
Pasangan Makmur-Ahda (MUDA) mengusung program Zero Waste berbasis TPS
Mataram (postkotantb.com)- Penangan sampah masih menjadi isu seksi yang di angkat oleh para calon kepala daerah. Salah satunya yang di gaungkan oleh calon walikota Mataram HL. Makmur Said dan calon wakil walikota Mataram Badruttamam Ahda.

Program Zero waste berbasis TPS merupakan program pencegahan penumpukan sampah. Program zero waste berbasis TPS ini memiliki dua item pengerjaan yaitu penyiapan sarana dan prasaran dimana setiap rumah tangga hingga tingkat lingkungan disiapkan fasilitas pendukung dari tempat sampah, alat angkut hingga kontainer yang menjadi TPS.


Item kedua yaitu pelaksanaan teknis yakni melatih masyarakat untuk melakukan pemilihan dan pemilihan sampah, mengolah sampah hingga menjadi barang bernilai ekonomi dan pengelohan sampah menjadi bahan bakar.

Makmur mengatakan zero waste berbasis TPS ini juga upaya mendukung program zero waste yang di gaungkan Pemerintah Provinsi NTB.

"Program ini juga mendukung pemerintah provinsi yang juga mengusung program zero waste, program ini sejatinya bahwa menghindari penumpukan sampah, jadi ketika kontainer penuh segera di angkut jadi tidak akan ada penumpukan di TPS," paparnya.

Makmur menyebut produksi sampah di Kota Mataram mencapai 1500 ton perhari, sementara yang terangkut hanya sekitar 800 ton perhari. Sisanya masih tertumpuk di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).(RZ)
Komentar

Tampilkan

Terkini