Melirik Program Mukernas Muslimat NW 5 Tahun Sekali

Muslimat NW yang Progresif Dedikatif dan Nahdhati Menuju Keutuhan NKRI


Pimpinan Pusat Muslimat NW H. Lale Syifaunufus

Muslimat NW salah satu tempat berkumpulnya para pejuang NW, yang notabenenya dari kalangan kaum hawa. Dalam Mukernas tahun ini, bertekad menyuguhkan kontribusinya untuk kemajuan NW dan keutuhan NKRI.


Berikut pemaparan Postkotantb.com


SAPARUDDIN

LOMBOK TENGAH


Nahdlatul Wathan yang disingkat NW, adalah salah satu organisasi keumatan yang di dirikan oleh TGKH Muhammad Zaenuddin Abdul Madjid atau pahlawan nasional asal NTB. Organisasi keumatan ini merupakan organisasi terbesar di NTB.


Sedangkan Muslimat adalah nama sebuah lembaga yang berada di bawah NW, yang notabenenya berisikan kaum hawa atau perempuan perempuan hebat.


Untuk memantapkan kiprahnya, dalam organisasi dan keutuhan NKRI, di akhir tahun ini akan menggelar Musyawarah Kerja Nasionali (Mukernas), yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 - 17 Desember mendatang di hotel Astoria Mataram.


Pimpinan pusat Muslimat NW Hj Lale Syifaunufus mengatakan, Mukernas ini merupakan agenda sekali 5 tahun. Dimana biasanya dalam Mukernas ini, banyak gagasan gagasan serta tugas baru yang dilahirkan, demi kemajuan organisasi dan keutuhan NKRI.


"Mukernas ini, kita ambil tema,  Muslimat Nahdlatul Wathan Bersinergi dan Berkontribusi dalam menegakkan rahmatallilalamin demi keutuhan NKRI," katanya Senin (14/12).


Dalam Mukernas ini akan diikuti oleh seluruh pengurus muslimat, mulai dari tingkat ranting,  cabang dan pengurus daerah hingga pusat, Tentunya Mukernas ini, disesuaikan dengan petunjuk protokol Covid-19. Selanjutnya bagi pengurus diluar NTB, akan menggunakan zom meeting.


"Mukernas ini kita lakukan sesuai petunjuk protokol Covid-19," cetusnya


Dikatakan, dalam rangka menyukseskan agenda rutin Pimpinan Pusat Muslimat yang diatur dalam AD/ART Badan Otonom Organisasi Muslimat NW. yang harus dilaksanakan sesuai mekanisme organisasi NW. 


Agenda Musyawarah Kerja Nasional ini tentu tidak akan terlaksana jika kita semua tidak kompak, utuh, dan bersatu padu dalam mempersiapkan segala sesuatunya yang terkait dengan kesuksesan Mukernas Muslimat NW. 


Mukernas Muslimat NW kali ini, dilaksanakan cukup istimewa karena dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan Muslimat dari Pimpinan Wilayah NTB dan Pimpinan Wilayah NW di luar NTB dan juga dari unsur pimpinan Daerah dan Cabang Muslimat NW.  Keikutsertaan semua elemen ini tentu akan menambah amunisi kebersamaan dalam menjalankan visi misi Muslimat NW menuju Muslimat NW yang progresif dan dedikatif untuk nahdhati dan keutuhan NKRI.  



Mukernas Muslimat NW kali ini, Mengambil Tema "Muslimat NW Bersinergi dan Berkontribusi dalam meneguhkan Islam Rahmatan lil Alamin". 


Tema ini lanjutnya, menjadi rujukan dalam menyusun program kerja yang berorientasi pada tiga titik point penting, diantara Program Sinergitas. 


Program Sinergi Muslimat NW harus tertuang rapi dalam agenda-agenda jangka pendek, menengah dan panjang. Bersinergi dengan stakeholder, pemangku kebijakan,  elemen-elemen masyarakat yang mengarah pada saling memberi kebermanfaatan dan kebaikan untuk semua. 


Di sinilah pentingnya Mukernas Muslimat untuk menggali Visi Misi perjuangan dan perkhidmatan menuju keutuhan agama dan bangsa terutama dalam aspek ekonomi, sosial dan budaya bangsa. 


Program Kontributif. Mukernas Muslimat NW  harus terus menjadi lokomotif kemajuan ummat dan bangsa tentu harus diawali dengan penyusunan program kerja organisasi yang mengacu pada sejauh mana program kerja dan pelaksanaannya dapat berkontribusi untuk kemajuan Agama dan NKRI.  


Di sinilah kita para pimpinan Muslimat diuji kepiawaian, dan kecermatannya dalam menyusun program kerja yang kontributif untuk Nahdlaty secara internal maupun Bangsa dan Negara secara eksternal. 


Di sinilah esensi kehadiran para pimpinan Muslimat NW untuk menuangkan gagasan, ide dan konsep perjuangannya yang nantinya digodok bersama dalam forum musyawarah kerja nasional Muslimat NW ini.  


Dan yang terakhir adalah, program Peneguhan Islam Rahmatan lil alamin.  Muslimat NW harus hadir terdepan dalam upaya memberikan pencerahan keummatan agar umat muslimat maupun muslimin secara khusus dapat memahami substansi ajaran agama Islam yang baik dan benar tentu yang akomodatif dengan realitas sosial yang mengitari penganut agama itu sendiri.  


"Muslimat NW harus hadir di tengah kegalauan ummat dengan berupaya menghadirkan kesejukan dan keharmonisan.  Upaya menghadirkan kesejukan dan keharmonisan di tengah multikultural - multiagama dan multiras, tentu harus dituangkan dalam program kerja organisasi muslimat NW yang terukur dan adaptif," ungkapnya.


Selanjutnya, menghadirkan kedamaian Islam Rahmatan lil alamin tidak bisa dengan simultan,  tiba-tiba tanpa terprogram dan terencana namun semua itu harus direncanakan dengan baik.


Lale Syifaunufus menambahkan terlaksananya kegiatan ini, tentunya tidak lepas dari peran semua pihak, yang telah memberikan kontribusi, baik tenaga, pikiran dan pendanaan, sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan berjalan sesuai yang diharapkan.


Selanjutnya ucapan terima kasih kepada kita semua para pimpinan muslim NW di berbagai jenjang atas dedikasi kemuslimatannya yang dilandasi oleh TRILOGI PERJUANGAN: YAKIN,  IKHLAS, ISTIQOMAH sehingga dengan modal spirit itu kita meski dalam segala keterbatasan dapat melaksanakan mukernas ini dengan lancar dan sukses. 


Tentu juga ucapan terimakasih kepada Ketua Umum PB NW atas doa dan restunya sehingga acara mukernas ini dapat dilaksanakan sesuai arahan Organisasi NW sebagai landasan organisatoris tertinggi.  


Begitu juga kepada semua pihak yang telah membantu baik secara materil maupun sprituil sehingga acara Mukernas Muslimat NW ini dapat terselenggara dengan nyaman dan aman.  


Mukernas Muslimat NW ini sebagai ajang untuk memperdalam visi misi kemuslimatan kita?,  sebesar apa kita mengabdi untuk NW?, sejauh mana pengorbanan kita untuk agama dan masyarakat?. 


Nah melalui Mukernas Muslimat NW ini momentum yang tepat untuk mendata semua program kerja organisasi muslimat untuk berkhidmat dengan penuh martabat,  terhormat dan berkat.  


Dan Mukernas Muslimat NW ini sebagai wadah strategis untuk melakukan sinergitas dengan semua elemen organisasi khususnya Bersinergi dengan Pengurus Besar NW beserta seluruh jajaran PB NW ke berbagai Jenjang sebagai Mitra strategis perjuangan. Sebagaimana kita telah dipersatukan dalam komitmen kesetiaan dan kesediaan. 


Melalui Mukernas Muslimat NW ini kita gali Visi Kemuslimatan kita,  kita berdikasi dalam menjalankan Misi Kemuslimatan kita untuk meneguhkan kebermanfaatan kita terhadap organisasi kita NW juga terhadap kemajuan agama nusa dan bangsa sebagai wujud pengamalan kita pada wasiat mulia sang Pahlawan Nasional Asal NTB, maha Guru kita,  Maulanassyaikh TGKH. M. zainuddin Abdul Madjid. (**)