Plat Menara IC Dan Sejumlah Pohon Tumbang Akibat Angin Kencang

Sejumlah kendaraan tertimpa pohon tumbang di pelataran parkiran RSUP NTB

Mataram (postkotantb.com)- Angin kencang yang terjadi hari ini, Senin (7/12) menumbangkan sejumlah pohon dan menerbangkan plat atap menara di Islamic Center. 


Dilaporkan sejumlah pohon tumbang akibat angin kencang di Mataram seperti di Depan Dinas Perhubungan Provinsi NTB dan di halaman parkir RSUP NTB di Dasan Cermen dan menimpa sejumlah kendaraan yang parkir. Selain menumbangkan pohon, plat atap menara Islamic Center ikut di terbangkan angin. 


Dikutip dari Antara Mataram, Pengelolaan Destinasi Wisata Unggulan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat M Ilham mengatakan sejumlah plat atap Menara 99 Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataram, berjatuhan akibat diterjang angin kencang, Senin.


"Sampai saat ini, petugas kami sudah mengumpulkan sekitar 6 plat atap Menara 99 berwarna kuning yang jatuh akibat angin kencang," kata Ilham kepada wartawan di Mataram, seperti di kutip dari Antara. 


Dari siaran pers BMKG ZAM menjelaskan fenomena alam angin kencang di menyebutkan terdapat bibit Siklon Tropis 96 S saat ini terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Barat dengan posisi sekitar 9.9  LU –108.2BT.


Dari pantauan  citra  satelit  cuaca  6 jam  terakhir  menunjukkan adanya aktifitas pertumbuhan awan konvektif,  terlihat  juga  adanya area deep convection yang  persisten di sekitar sistem. Dari analisis data angin perlapisan, sirkulasi terpantau dari lapisan bawah hingga lapisan menengah.


Berdasarkan data model  NWP untuk  24–48 jam  kedepan,  terlihat  adanya  peningkatan kecepatan  angin dan pergerakan bibit  ini perlahan ke tenggara-selatan, dengan potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 –48 jam kedepan.


Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG ZAM memprakirakan keberadaan Bibit Siklon 96 S ini akan berdampak terhadap kondisi angin kencang di wilayah NTB, fenomena angin kencang masih akan berpotensi terjadi hingga 2- 3 hari ke depan mengikuti dari keberadaan bibit Siklon 96 S.


Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti pohon tumbang serta dampak lain yang di akibatkan oleh angin kencang.


Selain Angin Kencang potensi gelombang laut dengan ketinggian 2,5 - 4 meter diprakirakan berpotensi terjadi di wilayah perairan Selatan NTB. Nelayan dan kapal yang melintas di wilayah perairan tersebut diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati.(RZ)